Dewan Ingin Pengawasan Peredaran Barang Diperketat – Berita Kota Kendari
Beranda

Dewan Ingin Pengawasan Peredaran Barang Diperketat

 

KENDARI, BKK- Menghindari peredaran barang yang membahayakan bagi konsumen menjelang perayaan Natal dan tahun baru, DPRD Kota Kendari mengimbau agar pengawasan di tempat-tempat perbelanjaan lebih ditingkatkan.

Hal ini diungkapakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Subhan melalui telepon genggamnya, Rabu (7/12). Ia menjelaskan, peningkatan pengawasan yang akan dilakukan merupakan agenda rutin DPRD di setiap penghujung tahun.

“Ini agenda kita tiap tahun dan tahun ini kita akan melakukan pengawasan dengan ketat,” ujarnya.

Dalam proses itu, lanjut dia, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa instansi terkait seperti Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Kendari, Dinas Kesehatan Kota Kendari dan BPOM Sultra.

“Peningkatan pengawasan yang kita lakukan ini akan melibatkan semua pihak terkait, dengan harapan kerja kita bisa lebih maskimal,” terangnya.

Politkus PKS ini menegaskan, jika dalam proses pengawasan yang dilakukan nanti, ditemukan pelaku usaha yang melanggar maka rekomendasi dewan akan tegas, berupa pembekuan izin hingga penutupan usaha.

“Kalau ada yang kita temukan melanggar, kita tidak akan main-main dalam meberikan rekomendasi, karena persoalan seperti ini bisa membahayakan konsumen,” tukasnya.

Berkaitan dengan hal itu, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sultra Saninu Kasim juga mengatakan, peningkatan pengawasan yang dilakukan pihak DPRD bersama mitra kerjanya diharapkan tidak hanya sekedar lisan.

“Kami berharap apa yang dilakukan dewan nanti bersama mitranya tidak hanya sebatas janji, karena pengalam sebelumnya justru ketika ada yang ditemukan melanggar rekomendasi yang dilahirkan hanya kebijksanaan,” pungkasnya. (cr5/b/nur)

To Top