Bank Sultra Siap Tingkatkan Pembiayaan Pertanian – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Bank Sultra Siap Tingkatkan Pembiayaan Pertanian

ok-ft-khaerul-saleh-raden

Khaerul Saleh Raden

KENDARI, BKK- Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sultra kembali mempertegas tekadnya untuk membantu sektor pertanian dengan memberikan akses pembiayaan yang seluas-luasnya.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Khaerul Kumala Raden mengatakan, BPD Sultra berpandangan bahwa sektor pertanian sangat penting agar ketahanan pangan terus terjaga. Di samping itu, sektor pertanian di wilayah ini juga merupakan yang terbesar dalam penyerapan tenaga kerja.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, 42 persen tenaga kerja terserap di sektor pertanian dalam arti luas. Itu setara dengan 489.000 tenaga kerja atau petani.

“Inilah yang menjadi fokus kami, khususnya dalam rangka peningkatan ketahanan pangan. Secara langsung ini kemudian akan meningkatkan pendapatan petani, dan pada umumnya nanti masyarakat Sultra akan sejahtera,” ujar Khaerul saat ditemui usai kegiatan penyerahan dana CSR Bank Sultra kepada BPJS Ketenagakerjaan, di Hotel Grand Clarion Hotel, Rabu (7/12).

Khaerul juga mengatakan, dukungan pembiayaan di sektor pertanian ini salah satunya dalam bentuk bantuan dana kepada 2.000 petani, untuk diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Dana bantuan itu berasal dari CSR Bank Sultra.

“Kami sudah berkomitmen, dan kami sudah masukkan dalam program bisnis bank, bahwa setiap tahunnya, 2.000 peserta baru akan kami sertakan ke dalam program CSR ini,” ungkap Khaerul.

Pihaknya berharap, 2.000 petani yang didaftarkan Bank Sultra ke BPJS Ketenagakerjaan melalui program CSR dapat berkesinambungan sampai jangka panjang. Setiap petani yang terdaftar diharapkan mampu melanjutkan kepesertaannya dengan ikut membayar premi setiap kali setelah melakukan panen.

“Kami berharap ini tidak memberatkan petani, mengingat premi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan manfaat yang akan diterima,” harapnya.

Sementara itu, Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto menyampaikan, pemberian bantuan dana CSR ini merupakan salah satu upaya untuk melindungi pekerja rentan sekaligus menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

“Donasi kepesertaan dari CSR Bank Sultra diberikan agar pekerja rentan, khususnya pekerja di sektor pertanian dalam arti luas, dapat bekerja dengan tenang. Seiring dengan peningkatan penghasilan, nantinya mereka diharapkan melanjutkan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri, atas kesadaran sendiri,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, pekerja rentan merupakan pekerja bukan penerima upah (BPU) yang belum mampu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri, karena keterbatasan penghasilan. Melalui Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran), saat ini lebih dari 140 ribu pekerja rentan di seluruh Indonesia mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi Bank Sultra. Tentunya kami berharap perusahaan lain dapat mengikuti jejak Bank Sultra dalam memfasilitasi pekerja rentan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” harapnya. (p11/b/aha)

To Top