Lingkar Sultra

Api Hanguskan Lima Rumah di Baubau

ok-ft-baubau-kebakaran

BERTARUNG DENGAN API. Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melalap sejumlah rumah di permukiman padat penduduk di Jalan Srikaya, Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, Baubau, Rabu siang (7/12) kemarin.

BAUBAU, BKK – Lima buah rumah di Jalan Srikaya, Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, Baubau dilalap api. Peristiwa yang terjadi Rabu siang, (07/12) itu diduga akibat ledakan dari sebuah kompor di salah satu rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

Hampir seluruh barang-barang berharga dari lima rumah tersebut tak bisa diselamatkan, salah satunya dua unit sepeda motor. Satu rumah lain yang berdekatan juga sempat tersambar api, namun berhasil diselamatkan setelah tim pemadan kebakaran datang beberapa menit setelah kejadian.

Meski empat dari lima rumah terbuat dari beton, namun bagian atas yang masih menggunakan rangka kayu menjadi sasaran api, apalagi ditambah kondisi angin kencang, membuat api semakin cepat menjalar. Pemadam kebakaran yang dibantu puluhan warga ikut membantu memadamkan api sebelum menjalar ke rumah padat penduduk itu.

Saksi mata yang rumahnya tak jauh dari lokasi kebakaran, Lina mengatakan, asal api diduga berasal dari rumah milik Rasdin. Saat itu di dalam rumah diduga ada yang sedang memasak, namun ditinggalkan penghuninya. Tiga unit mobil pemadam dikerahkan untuk membantu menjinakkan api.

Korban yang kini sudah tidak memiliki rumah, untuk sementara ditampung di kediaman Ketua RT, La Moga. La Moga berjanji akan segera memberikan bantuan kepada para korban melalui pemerintah Kota Baubau.

“Kita belum bisa prediksi berapa kerugian, karena habis semua isi rumah,” katanya. (k2/b/aha)

To Top