BI : Transaksi Non Tunai lebih Aman – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

BI : Transaksi Non Tunai lebih Aman

foto-dian-nugraha-kepala-kpw-bi-sultra

Dian Nugraha

KENDARI, BKK– Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan sistem pembayaran dengan transaksi non tunai. Selain memudahkan masyarakat sendiri, transaksi non tunai juga lebih aman.

Deputi Kepala Perwakilan Bidang Manajemen Intern dan Sistem Pembayaran BI Sultra, LM Bachtiar Zaadi mengatakan, alasan BI mendorong transaksi non tunai yang paling utama adalah karena keunggulan yang dimilikinya, seperti aman, efisien, dan terhindar dari beberapa resiko seperti kehilangan uang dan uang palsu.

Selain itu, lanjut Bachtiar, dengan transaksi non tunai akan lebih memudahkan saat bertransaksi. “Kalau misal kita bawa uang tunai, kemungkinan akan hilangnya sangat tinggi,” ungkap Bachtiar.

Ia juga menambahkan, transaksi non tunai akan memudahkan dalam proses pengembalian sampai pecahan terkecil pun. Sementara pada transaksi tunai, uang kembalian seringkali dibulatkan.

Lebih lanjut Bachtiar menjelaskan, dengan mendorong penggunaan transaksi non tunai, akan mempengaruhi penggunaan uang kartal. Dalam sisi biaya, BI bisa melakukan efisiensi dalam hal produksi.

Namun demikian, tidak berarti gerakan nontunai ini akan mengurangi uang konvensional di pasaran. “Uang kartal tidak akan berkurang karena tetap dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Untuk meningkatkan transaksi non tunai di Sultra, masih diperlukan dukungan infrastruktur, terutama dukungan jaringan telekomunikasi. Karena hal itu masih menjadi kendala saat ini di Sultra.

“Seperti di toko-toko atau mall yang menyediakan EDC merchant (mesin gesek kartu), kadang tidak berfungsi karena tidak ada sinyal atau apa. Terdapat hambatan di situ,” katanya.

Secara umum, inklusi keuangan yang terkait dengan keuangan digital masih terus didorong agar meningkat dari waktu ke waktu. Sejumlah perbankan pun sudah melengkapi aplikasi nontunai melalui smartphone.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Wilayah (KPw) BI Sultra, Dian Nugraha mengatakan, demi keamanan dan efisiensi waktu, peningkatan transaksi non tunai akan terus dikembangkan. Selain itu, transaksi tunai juga tetap berjalan, dalam hal ketersediaan dan kualitas uang.

“Transaksi tunai dan non tunai akan terus ditumbuh kembangkan secara bersamaan,” ujar Dian Nugraha.
Pihaknya berharap, jika sudah masuk ke dalam era ekonomi digital, BI akan mendorong perkembangan infrastruktur yang akan mendukung transaksi non tunai lebih luas lagi. (p11/b/aha)

To Top