Jabatan Rektor Berakhir, Jadwal Pilrek belum Jelas – Berita Kota Kendari
Headline

Jabatan Rektor Berakhir, Jadwal Pilrek belum Jelas

prof-hilaluddin-hanafi

Prof Dr Hilaluddin Hanafi

KENDARI, BKK – Terhitung Rabu (23/11) hari ini, jabatan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) yang dipegang Prof Dr Usman Rianse sudah berakhir. Namun belum ada kejelasan kapan Pemilihan Rektor UHO akan digelar.

Ketua Panitia Pilrek UHO, Hilaludin Hanafi mengatakan, jadwal Pilrek memang masih sumir. Sebelumnya, dijadwalkan pada 9 November, lalu ditunda sampai 14 November. Tetapi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI ternyata memutuskan untuk menunda Pilrek sampai batas waktu yang belum ditentukan. Padahal, Rektor yang baru seharusnya sudah dilantik pada 24 November mendatang.

Apakah Kemenristek Dikti akan memperpanjang atau menunjuk pelaksana tugas Rektor UHO? Hilaluddin mengaku belum mengetahuinya.

“Kami juga sampai saat ini masih menunggu putusan dari pusat tentang berakhirnya masa jabatan Rektor ini. Dan apapun keputusan Kemenristek Dikti, tetap akan kita ikuti,” ujar Hilal.

Hilaluddin mengingatkan, bukan hanya UHO saja yang Pilreknya bermasalah. Dia juga menyebut Unima pun mengalami hal serupa.

“Kalau kita kan hanya masalah keabsahan anggota senat. Dan jika sepakat dihilangkan, boleh saja itu dihilangkan,” ucapnya.

Dia mengatakan, para anggota senat sudah diingatkan agar tetap mematuhi verifikasi yang dilakukan oleh tim Kemenristekdikti. Hasil verifikasi yang berlangsung sejak Agustus lalu itu, harus diterima apapun hasilnya.

Seperti diketahui, verifikasi keanggotaan senat ini membuat jumlah anggota senat menciut dari 120 orang menjadi hanya 97 anggota senat. Dengan kata lain, hanya 97 orang itu yang bisa menyalurkan suaranya pada Pilrek. (p10/b/lex)

To Top