SK Calon Wakil Ketua DPRD Kolaka Disoal – Berita Kota Kendari
Beranda

SK Calon Wakil Ketua DPRD Kolaka Disoal

KOLAKA, BKK- Surat Keputusan (SK) Calon Wakil Ketua DPRD Kolaka yang akan menetapkan H Syakhruddin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dikritisi karena dinilai tidak prosedural.

“Ada prosedur yang tidak dijalankan saat keluarnya SK tersebut,” kata Direktur Lingkar Demokrasi Rakyat (Lider) Sultra, Herman Syahruddin, Kamis (17/11). Menurut Herman, tidak proseduralnya SK tersebut karena tidak pernah ada paripurna untuk menindak lanjuti penunjukan Wakil Ketua DPRD definitif. Seharusnya, paripurna terkait penunjukan atau rekomendasi partai PPP yang akan menduduki wakil ketua menggantikan almarhum H Suib Kasra itu digelar lebih dahulu. Dari hasil paripurna itu, kemudian keluar rekomendasi siapa yang akan diusul ke Gubernur melalui Bupati.

“Tapi ini kok tiba-tiba ada SK. Jelas ini melanggar aturan, sebab seingat saya dalam PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tatib DPRD, calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti, diusulkan oleh pimpinan partai politik untuk diumumkan dalam rapat paripurna DPRD dan ditetapkan dengan keputusan DPRD. Ini mana parpurnanya?” ungkapnya.

Ditegaskannya, jika Ketua DPRD berpedoman pada surat usulan DPC PPP Kolaka tertanggal 28 Juni 2016, perihal pergantian unsur Pimpinan dan wakil Pimpinan DPRD Kolaka yang ditandatangani ketuanya Najmuddin Haruna, harusnya surat tersebut batal dengan sendirinya. Sebab sudah ada surat dari DPW PPP Sultra yang meminta ditundanya proses pergantian unsur pimpinan.

“Mengacu pada surat DPW PPP Propinsi Sultra Nomor 090/EXT/DPW-PPP/IX/2016 tertanggal 2 September 2016, di mana isinya meminta penundaan proses pergantian unsur pimpinan DPRD Kolaka karena beberapa hal, berarti rujukan dari Surat DPC Kolaka gugur dengan sendirinya. Harusnya Ketua DPRD memperhatikan surat itu,” tegasnya.

Karena itu, rencana pelantikan H Syahruddin sebaiknya ditunda dan DPRD menjalankan mekanisme dari awal. Jika tidak, itu bisa dianggap sebagai pelanggaran aturan.

Sementara Ketua DPRD Kolaka, H Parmin Dasir usai pelantikan Idiawati sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) mengungkapkan, SK rekomendasi penunjukkan wakil ketua secara definitif yakni H Syahruddin sudah ditandatangani Gubernur dan sudah dilayangkan ke DPRD. Adapun pelantikannya masih akan dikoordinasikan.

“Sudah ada SK-nya. Saya sudah lihat, tinggal di musyawarahkan dulu di Bamus, kalau tidak ada halangan mungkin Senin nanti,” kata Parmin Dasir. (cr3/b/aha)

To Top