Gagal Lelang, Penyaluran Blangko e-KTP Diundur – Berita Kota Kendari
Beranda

Gagal Lelang, Penyaluran Blangko e-KTP Diundur

1439957383-hafal-pancasila-jadi-syarat-ambil-ktp

Ilustrasi KTP

KENDARI, BKK – Penyaluran blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di daerah-daerah salah satunya di Kendari, kembali diundur hingga Januari 2017. Pengunduran ini disebabkan terjadinya gagal lelang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Dinas Kepandudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, Muhammad Rizal. Dengan demikian, blanko e-KTP saat ini masih mengalami kekosongan yang terjadi sejak Oktober lalu.

“Sebenarnya blangko e-KTP yang kita minta ke pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Dalam Negeri (Kemendagri) dalam jumlah yang banyak, akan tetapi blangko e-KTP yang disalurkan ke kami terkadang hanya 5.000 bahkan sampai 4.000 hingga cepat habis,” ungkap Muhammad Rizal, Jumat (18/11).

Dikatakannya, tiap kali stok blangko e-KTP habis, pihaknya langsung mengajukan permohonon ke pusat. Hanya saja untuk peyalurannya, butuh proses dan kadang memakan waktu seperti yang terjadi saat ini.

“Olehnya itu bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman tetapi belum memiliki e-KTP, kami memberikan surat keterangan sebagai pengganti KTP. Surat keterangan tersebut bisa digunakan untuk pelayanan publik, seperti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serta bisa digunakan saat berurusan di BPJS,” tuturnya.

Terkait warga yang sudah merekam tapi belum memiliki e-KTP, Rizal mengaku belum tahu pasti berapa jumlahnya. Namun ia memprediksi sudah tidak terlalu banyak lagi.

“Jadi imbauan saya bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan sudah merekam, hendaknya datang saja di Dukcapil Kendari untuk dibuatkan surat keterangan pengganti e-KTP,” imbuhnya. (cr6/b/nur)

To Top