Beranda

2017, Seluruh Desa di Koltim punya Perpustakaan

ok-ft-perpustakaan-desa-koltim

Herman Amin

TIRAWUTA, BKK — Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur menargetkan pada 2017 nanti, seluruh kelurahan maupun desa sudah memiliki perpustakaan. Pemerintah menganggap perpustakaan menjadi program yang sangat penting guna mendorong peningkatan sumber daya manusia.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Koltim, Herman Amin mengakui beratnya tantangan yang dihadapi saat ini, terutama dengan membanjirnya informasi melalui media sosial ataupun beragam konten dari internet. Sayangnya, sebagian informasi dan konten internet tersebut justru tidak mendidik.

Sementara perpustakaan, sampai saat ini masih direkomendasikan untuk memperkaya khazanah keilmuan. “Kita sangat ingin perpustakaan kembali menjadi rujukan ilmiah ataupun informasi bagi masyarakat kita, terutama generasi milenial dan anak-anak. Mumpung sekarang ini jaringan internet belum semuanya menjangkau desa-desa,” kata Herman kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/11) kemarin.

Herman bertekad mendorong masyarakat agar memanfaatkan perpustakaan sebaik-baiknya. Anak-anak pun harus dibiasakan membaca buku sejak dini, agar nantinya menjadi generasi yang menjadikan membaca sebagai kebutuhan hidup.

Pihaknya sendiri akan berupaya agar kebutuhan buku di perpustakaan-perpustakaan desa itu bisa terpenuhi. “Tahun 2017 kita akan mendapatkan mobil operasional perpustakaan keliling. Sehingga nantinya, kita dapat membantu memasukkan buku-buku ke pedesaan,” ungkapnya.

Di luar itu, tambah dia, keberadaan perpustakaan desa akan mengangkat citra desa tersebut. Dia mencontohkan, Desa Polenga Jaya, Kecamatan Polipolia terpilih sebagai Desa Terbaik di Sulawesi Tenggara karenamemiliki perpustakaan tersendiri.

“Insya Allah untuk tahun depan, tidak menutup kemungkinan akan berubah nomenklatur, dari badan menjadi dinas kearsipan dan perpustakaan. Semoga ini semakin memudahkan pemerintah untuk memaksimalkan peningkatan kualitas kepustakaan kita,” harapnya. (k3/c/aha)

To Top