Ahmad Safei Resmikan Klinik Posbindu PTM – Berita Kota Kendari
Aktualita

Ahmad Safei Resmikan Klinik Posbindu PTM

Kabid PMK Dinkes Kolaka Madu mendampingi Kepala Puskesmas Samaturu melakukan pemeriksaan di klinik Posbindu PTM. (Foto: Armin/BKK)

Kabid PMK Dinkes Kolaka Madu mendampingi Kepala Puskesmas Samaturu melakukan pemeriksaan di klinik Posbindu PTM. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA, BKK- Bupati Kolaka H Ahmad Safei meresmikan klinik Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan, Senin (14/11). Menurut Bupati, klinik Posbindu PTM sangat perlu, menginggat bangsa Indonesia saat ini menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya kembali penyakit yang seharusnya sudah teratasi. Penyakit tidak menular ini banyak dialami masyarakat saat ini, seperti stroke, asam urat dan gula.

Dengan adanya klinik Posbindu ini, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kolaka dalam memeriksakan kesehatannya setiap saat, sehingga penyakit yang tidak menular itu dapat diatasi lebih awal.

Sementara Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Kolaka, Madu mengungkapkan, di klinik Posbindu PTM, masyarakat bisa datang memeriksakan penyakitnya, khususnya penyakit yang tidak menular, dimulai dari pengukuran tinggi badan, kemudian menggunakan alat indeks massa tubuh untuk memeriksa lemak, otot rangka, berat badan dan lemak tubuh. Semua hasil pemeriksaan akan langsung diketahui dan pemeriksaannya pun secara gratis.

Selain itu, terdapat call center yang bisa digunakan bagi masyarakat untuk konsultasi kesehatan ibu dan anak. Cell center ini juga terdapat disemua Puskesmas. Khusus dinas kesehatan call centernya adalah 08229270293.

Terkait bangunan klinik yang diresmikan Bupati, Madu mengungkapkan bahwa proyek pembangunan gedung dua lantai itu menghabiskan anggaran Rp 500 juta yang dibangun sejak tahun 2015 lalu. Sementara pada tahun 2016 ini tinggal pembenahan. (cr3/aha)

To Top