Feature

“Kobarkan Jiwa Perjuangan Isi Kemerdekaan”

Wakil bupati Butur Ramadio bersama ketua DPRD Butur Muh Rukman Basri Zakariah, ketua komisi II Harwis Hari dan unsur Forkompida menabur bunga di pelabuhan Ereke.

Wakil bupati Butur Ramadio bersama ketua DPRD Butur Muh Rukman Basri Zakariah, ketua komisi II Harwis Hari dan unsur Forkompida menabur bunga di pelabuhan Ereke.

Wakil Bupati Butur Pimpin Upacara Hari Pahlawan

BURANGA, BKK — Semua rakyat Republik Indonesia, tak terkecuali masyarakat Buton Utara (Butur) untuk selalu menyalakan atau mengkobarkan jiwa perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan saat ini.

Dengan peringatan hari sumpah pemuda dijadikan moment untuk selalu mengkobarkan jiwa dalam kehidupan sehari-hari untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan hingga menjadikan negara yang maju dan sejahtera. Demikian dikatakan wakil Bupati Butur Ramadio ketika memberikan sambutan saat memimpin upacara menperingati Hari Pahlawan, Kamis (10/11) di lapangan Raja Jin Ereke Kecamatan Kulisusu.

“Setiap tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan,” kata Ramadio.

Peringatan ini, tambah dia seyogiahnya sebagai moment untuk terus mengembangkan misi perjuangan dalam mewujudkan perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dasar dari peringatan hari Pahlawan itu, jelas mantan wakil ketua DPRD Butur ini, adanya peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa ini, merupakan sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Usai upacara yang berlangsung singkat, wakil bupati jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) ini kemudian menabur bunga di pelabuhan Ereke. Satu persatu mereka menabur bunga sebagai bentuk penghargaan terhadap Pahlawan yang sudah mengabdi kepada Negara.

Acara tabur bunga ini rutin digelar setiap peringatan Hari Pahlawan. Diharapkan, dengan cara ini dapat memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak lupa dengan jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur

Kegiatan yang diperingati serentak seluruh Indonesia kali ini, dihadiri Plt Sekda La Ode Baharuddin, ketua DPRD Butur Muh Rukman Basri Zakariah, ketua komisi II Harwis Hari, ketua PKK Hj Sitti Rabiah Abu Hasan, Kapolsek Kulisusu Kompol Rahman Dundu, Danramil 1416-04/Kulisusu Kapten Inf Prasetya dan sejumlah pejabat lingkup Pemda Butur. Selain itu diikuti juga ratusan pelajar SD, SMP, SMA se Kecanatan Kulisusu.(k5/lex)

To Top