Mantan Kepala BPM Baubau Ditahan – Berita Kota Kendari
Aktualita

Mantan Kepala BPM Baubau Ditahan

BAUBAU, BKK – Kepolisian Resort (Polres) Baubau, resmi menetapkan Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), La Ode Sarafah DS MSi resmi ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) tahun 2014 saat dirinya menjabat sebagai Kepala BPM Baubau.

Sarfah resmi ditahan di sel tahanan Polres Baubau sejak Senin (07/11). Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Baubau, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suryo Aji SIK, melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim), Ajun Komisaris Polisi (AKP) Diki Kurniawan dalam Press Rilisnya, Rabu (09/10) mengatakan, pihaknya telah memeriksa 150 orang saksi dalam kasus itu.

“Saksinya dari kelurahan, staf lembaga pemberdayaan masyarakat, fasilitator, dan saksi lainnya,” kata Diki.

Dalam kasus itu, setelah mendapat audit Badan Pengelola Keuangan dan Pemerintahan (BPKP), kerugian negara dari kasus itu sebesar Rp 600 juta lebih. Berkas perkara sendiri sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Baubau, dan Polres masih menunggu, jika dinyatakan lengkap tersangka dan barang bukti akan langsung diserahkan untuk disidang.

Pria berkacamata itu diduga menyalurkan dana PPMK tidak sesuai petunjuk teknis (Juknis). Dimana dana PPMK yang seharusnya berupa uang, namun diberikan ke setiap kelurahan berupa barang.

“Untuk adanya tersangka lain, kasus ini juga masih kita kembangkan lagi,” tutupnya. (k2/lex)

To Top