Anak Penjual Bensin dan Anak Buruh Wisudawan Terbaik – Berita Kota Kendari
Feature

Anak Penjual Bensin dan Anak Buruh Wisudawan Terbaik

Sri Eka Agusliana dan Abdul Janat

Sri Eka Agusliana dan Abdul Janat

Tingkat ekonomi orang tua ternyata memang tak signifikan dengan prestasi yang diraih anaknya di dunia pendidikan. Contohnya, wisudwati terbaik Universitas Halu Oleo (UHO) periode Agustus- November 2016 adalah anak seorang penjual bensin eceran.

———————-

Sri Eka Agusliana M (21) namanya. Dia berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,94.

Dia menjadi wisudawan terbaik tingkat universitas mengalahan ribuan wisudawan yang digelar di Gedung Auditroium Mokodompit, Rabu (9/11).

Gadis kelahiran Wanci, 1995 itu berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan nilai yang sangat memuaskan. Hampir semua mata kuliah yang ditempuh mendapat nilai A. sehingga meraih predikat tertinggi, dengan lama studi hanya tiga tahun empat bulan.

Gadis cantik yang berparas cantik ini anak dari Lamusana dan Eliana. Lamusana sehari-hari berjualan bensin eceran, sedangkan ibunya Eliana hanya seorang ibu rumah tangga biasa.

Eka menuturkan dengan keterbatasan ekonomi keluarganya, dia mampu membuat bangga kedua orang tuanya. “Latar belakang saya, yang pertama bahagia insyah Allah, dan pekerjaan orang tua saya, ibu hanya IRT dan bapak hanya penjual bensin eceran,” katanya.

Menurutnya, dia mampu meraih prestasi atas kerja keras dan tekadnya berusaha menimba ilmu dan meningkatkan pengetahuannya.

“Saya meraih wisudawan terbaik tahun ini allhamdulillah selama tiga tahun. Saya hanya punya prinsip sendiri yakni, tiga kemampuan manusia yang harus dikembangka pertama, kemampuan itu sendiri, pengetahuan, dan tindakan. Dan yang saya paling tekankan adalah tindakan dalam proses belajar,” ujar Eka.

Ia mengatakan, keberhasilanya merupakan suport dari kedua orang tuanya. “Keberhasilan saya tidak lari dari bantuan doa dan dukungan orang tua,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Dekan FPIK Prof Ir H Lasarah MSi PhD, Ketua Jurusan Dr Asriana SP MSi, seluruh dosen yang membimbing dan memberikan support dalam belajar. “Kepada teman-teman kuliah yang sering membantu, saya mengucapkan terima kasih atas semuanya,” kata Eka yang hobi mennyayi dan berenang.

Dalam acara wisuda itu, usai menerima penghargaan sebagai wisuda terbaik kedua orang tua Eka terlihat sangat bahagia dan bangga dengan keberhasilan anaknya.

Wisudawan lain yang meraih terbaik tingkat fakultas adalah Abdul Janat, anak dari seorang buruh bangunan. Dia menjadi wisudawan terbaik Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Halu Oleo dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,58.

Keterbatasan ekonomi keluarganya, tidak membuat semangat putra pasangan La Ode Mangge dan Wa Mukaani ini surut. Kuliahnyapun diselesaikan dalam waktu empat tahun dan tiga bulan.

“Dengan keterbatasan keluarga saya, justru memberikan semangat sehingga saya berupaya untuk kuliah dengan baik dan Alhamdulillah memberikan hasil yang baik pula,” ujar Abdul Janat saat ditemui usai mengikuti wisuda.

Anak ketujuh dari delapan bersaudara tersebut, kini telah berhasil meraih gelar sarjana berkat bantuan beasiswa bidik misi. Iapun bercita-cita untuk melanjutkan kuliah S2.

“Untuk kedepannya hanya fokus bisa lanjut S2, berkenaan dengan pekerjaan Insya Allah dengan adanya gelar S1,” ujar pria yang gemar membaca buku. (mk2-mk7mk5-mk1-mk4-mk6/lex)

To Top