Mayoritas Masyarakat Mubar Inginkan Rajiun – Berita Kota Kendari
Headline

Mayoritas Masyarakat Mubar Inginkan Rajiun

Lembaga survei BSI saat melakukan konprensi pers hasil survei mereka di Pilkada Mubar berlangsung di salah satu hotel di Kendari, Senin (7/11). (Foto: Rudy/BKK)

Lembaga survei BSI saat melakukan konprensi pers hasil survei mereka di Pilkada Mubar berlangsung di salah satu hotel di Kendari, Senin (7/11). (Foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Lembaga suvei Barometer Swara Indonesia (BSI) mengklaim pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat (Mubar) LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani (Rahamatnya Mubar) dipastikan menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 mendatang.

Pasalnya, berdasarkan hasil suvei BSI sebanyak 81,7 persen masyarakat Mubar masih menginginkan LM Rajiun Tumada untuk menahkodai kabupaten baru di Sultra yakni sebagai Bupati Mubar. Hasil survei tersebut diukur berdasarkan ketenaran dan melihat pembangunan-pembangunan infrastruktur yang ada di Mubar yang dilakukan LM Rajiun Tumada. Sementara Paslon LM Ihsan Taufik Ridwan-La Nika (Insani) berdasarkan hasil survey BSI yang menginginkan untuk memimpin Mubar hanya mencapai 11,9 persen.

Elektabilitas tersebut didahului dengan mengukur tingkat keterkenalan dan kesukaan masing-masing Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mubar. Tingkat keterkenalan masing-masing kandidat dipastikan dikenal masyarakat Mubar lebih dari 75 persen.

Bahkan untuk ditingkat dukungan masyarakat Mubar, Paslon Rahmatnya Mubar jauh mengungguli pesaingnya. Paslon Rahmatnya Mubar mendapat dukungan dari masyarakt Mubar sebanyak 77,3 persen, sementara paslon Insani hanya mendapat dukungan 14,1 persen dari 440 orang yang dilakukan responden suvei BSI dan untuk yang belum menentukan pilihan sebanyak 8,6 persen.

Direktur BSI, Baso Affandi mengatakan, apabila dari hasil suvei yang belum ditentukan yakni sebanyak 8,6 persen akan didistribusikan kepada paslon Insani sesuai dengan hasil kerja tim pemenangannya, maka posisi tersebut dipastikan masih dimenangkan pasangan Rahmatnya.

“Dalam Pilkada Mubar sesuai penetapan KPU Mubar hanya ada dua paslon saja yang dinyatakan lolos verifikasi sehingga lebih mudah memetakan arus dukungan, dalam hal ini jika tak memilih pasangan Rahmatnya Mubar maka sudah pasti akan memilih pasangan Insani,” kata Baso saat melakukan konfrensi pers dengan tema Membaca Peluang Menang Head To Head Pilkad Mubar di Swissbel Hotel kendari, Senin (7/11).

Ia menambahkan, dalam melakukan suvei dilapangan bisa diketahui bahwa dukungan masyarakat terhadap Paslon Rahmatnya Mubar menang hampir merata di semua wilayah Mubar, hanya ada satu kecamatan saja yang bias dikatakan berimbang dengan pesaingnya.

“Dalam konteks hasil Mubar kita melakukan suvei di semua kecamatan yang ada di Mubar dan hasilnya itu telah kami dapat. Dari hasil surveyor BSI di lapangan diketahui bahwa pasangan Rahmatnya Mubar itu dipastikan menang telak dan tidak akan terkalahkan dalam Pilkada Mubar 15 Februari 2017 mendatang,” tambahnya.

Ia menjamin dari hasil suvei dilapangan, bahkan partai pengusung pasangan Insani untuk menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Mubar yakni Golkar lebih dominan menginginkan paslon Rahmatnya Mubar ketimbang Paslon Insani yakni mencapai persentase 64 persen menginginkan Rahmatnya Mubar untuk menjadi Bupati Mubar.

“Dari partai pengusung Paslon Insani saja, Paslon Rahmatnya Mubar lebih banyak mendapat dukungan. Dari hasil suvei dilapangan yang kami lakukan Insani hanya mendapat dukungan dari partai pengusungnya sebanyak 24 persen dukungan sementara paslon Rahmatnya Mubar mencapai 64 persen,” jelasnya.

Sementara itu, pakar komunikasi, Dr Muh Najib Husain mengungkapkan secara minologi hasil survei yang dilakukan BSI sudah memenuhi syarat. Pasalnya dari hasil survei BSI ini menggunakan margin eror lebih dari lima persen yakni 4,8 persen kemudian menggunakan penarikan sampel dengan randol sampling.

“Untuk hasilnya itu survei sebenarnya membaca trand apa yang terjadi hari ini, artinya apapun hasil yang dikeluarkan oleh BSI hari ini bukan memberikan suatu keputusan. Intinya untuk hari ini survey dari BSI posisi paslon Rahmatnya Mubar lebih unggul ketimbang paslon Insani,” pungkasnya. (m2/lex)

To Top