Langkah Antisipasi Hadapi Pilkada Buton Perlu Dikaji – Berita Kota Kendari
Suksesi

Langkah Antisipasi Hadapi Pilkada Buton Perlu Dikaji

Tumaruddin

Tumaruddin

KENDARI, BKK – Kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton mulai diragukan, menyusul calon bupati (Cabup) tunggal Umar Samiun ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, dilanjutkan atau dibatalkan menjadi pilihan dilematis saat ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara bila mengacu pada peraturan yang berlaku, tentu tidak dapat menghentikan proses Pilkada Buton ataupun membatalkan pencalonan Umar Samiun. Pasalnya hak Umar Samiun sebagai cabup tidak bisa dicabut sebelum kasus hukumnya memiliki keputusan tetap atau inkra.

Tetapi di sisi lain, bila Pilkada Buton tetap dilanjutkan dan dalam perjalanan kasus Umar Samiun telah memiliki putusan inkrah dan harus ditahan, maka pencalonannya harus dibatalkan. Sementara, Pilkada Buton hanya memiliki satu pasangan calon yakni Umar Samiun – La Bakri.

“Dilematisnya disitu karena Pilkada Buton ini hanya ada satu pasangan calon yang kemudian calon kosong satu tersangkut dengan kasus hukum,” ujar Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) Tumaruddin.

Menyikapi persoalan tersebut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, pihak penyelenggara pilkada perlu mengambil langkah antisipasi. Namun hal itu memerlukan pemikiran yang rasional agar nantinya tidak memunculkan masalagh baru lagi.

“KPU atau pihak terkait perlu melakukan kajian untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi dalam Pilkada Buton ini,” ujarnya.

Namun untuk saat ini, dimana tahapan pilkada yang terus berjalan penyelenggara perlu tetap bersikap profesional. Sebisa mungkin berupaya untuk memberikan ketenangan bagi masyarakat di tengah polemik yang terus berkembang.

“Jaminan keamanan dan hak politik masyarakat harus terus kita jaga agar proses demokrasi ini bisa berjalan sesuai yang kita harapkan,” pungkasnya.

Ia juga berharap, kasus hukum yang menjerat Umar Samiun segera diproses agar secepatnya memiliki kepastian hukum yang tetap. (nur)

To Top