KPU Kendari Temukan Banyak Pemilih Dobel di DPS – Berita Kota Kendari
Suksesi

KPU Kendari Temukan Banyak Pemilih Dobel di DPS

057709500_1438751072-pilkada-serentak-7-yos-150805KENDARI, BKK – Untuk menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari terus melakukan pemutakhiran data pemilih dengan mengkroscek nama-nama yang ada dalam daftar pemilih sementara (DPS).

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengakui, dari hasil kroscek tersebut masih banyak ditemukan pemilih dobel yang masuk dalam DPS. Terutama di Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memiliki pemilih dobel yakni TPS 1, TPS 2, TPS 4 dan TPS 5.

‘Saat ini kami berupaya menuntaskan nama-nama yang dobel itu, terutama masalah aduan dari masyarakat yang menemukan adanya nama-nama dobel baik itu di satu TPS maupun di dua TPS yang berbeda,” ujar Teo sapaan akrabnya saat ditemui, Senin (7/11).

Dijelaskannya, jika nama yang dobel ada di satu TPS yang sama, maka pihak KPU Kota Kendari langsung menghapusnya. Namun, bila ada di TPS yang berbeda maka akan ditentukan kembali lokasi memilih pemilih yang bersangkutan berdasarkan KTP.

“Kami akan cek ulang mengenai nama-nama yang dobel itu. Terutama kami akan berkoordinasi dengan pihak RT setempat untuk memastikan dan menentukan dimana lokasi TPS nantinya dia akan memilih,” jelasnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, pihaknya masih menunggu laporan masyarakat bila dalam DPS yang telah diumumkan tersebut masih ditemukan pemilih yang dobel.

Ia menambahkan, adanya pemilih dobel ini bisa jadi karena pihak panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) tidak melakukan koordinasi yang baik di lapangan.(m2/nur)

To Top