Suksesi

KPU Kendari Akhirnya Serahkan APK Paslon

Hayani Imbu

Hayani Imbu

KENDARI, BKK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) sempat menyoroti keterlambatan penyerahan alat peraga kampanye (APK) kepada masing-masing pasangan calon (Paslon) kepala daerah. Namun, Minggu (6/11) peralatan berupa baliho dan umbul-umbul tersebut, telah diserahkan Komisi Pemilihan umum (KPU) Kendari.

Dengan dilakukannya penyerahan APK tersebut, KPU mempersilahkan masing-masing pihak paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari untuk memasangngnya. Namun, perlu menjadi perhatian, pemasangan hanya boleh dilakukan di tempat-tempat yang telah ditetapkan.

“Untuk mengenai pemasangannya, diserahkan sepenuhnya kepada tim pemenangan dengan melalui pengawasan KPU Kota Kendari. Kami hanya sebatas menunjukan lokasi dimana akan dipasang APK tersebut,” kata Ketua KPU Kota Kendarui Hayani Imbu, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/11).

Ia mengakui, penyerahan APK tersebut terbilang terlambat. Namun. menurutnya tidak ada kesalahan mekanisme. Hanya terjadi keterlambatan percetakan saja.

“Selain karena waktu yang sempit, juga karena desain model file paslon yang akan dicetak itu lambat diberikan kepada pihak KPU Kota Kendari. Bukan karena mekanisme kami yang membuat keterlambatan APK itu dicetak,” jelasnya.

Untuk soal penambahan APK, tambahnya, setiap paslon boleh melakukan penambahan di luar dari yang ditanggung KPU. Hanya saja, untuk penempatan pemasangan harus tetap sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan.

“Untuk jumlah penambahan APK boleh diadakan sebanyak 150 persen dari yang diadakan pihak KPU. Sementara untuk bahan kampanye seperti stiker-stiker, itu setiap paslon juga boleh menambah jumlahnya sebanyak 100 persen,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top