FIB Buka 2 Prodi Baru – Berita Kota Kendari
Pendidikan

FIB Buka 2 Prodi Baru

Ahmad Mahardi

Ahmad Mahardi

KENDARI, BKK – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, menambah dua program studi (Prodi) baru yakni Prodi Sastra Arab dan Prodi Sastra Perancis.

Kedua prodi yang baru dibuka di 2016 tersebut, telah memiliki kurang lebih 100 mahasiswa.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FIB Akhmad Marhadi mengatakan, kedua prodi tersebut masih bersifat konsentrasi, sehingga masih bernaung di bawah jurusan.

“Sastra Perancis bernaung di jurusan Sastra Inggris, kemudian Sastra Arab masih bernaung di bawah Sastra Indonesia,” ungkap Akhmad Marhadi saat ditemui belum lama ini.

Ia mengungkapkan, pihaknya mengajukan usulan proposal terkait penambahan kedua prodi tersebut sejak 2015 lalu. Namun baru dikabulkan Kemenristekdikti dengan turunnya surat keputusan (SK) di 2016.

“Penambahan kedua prodi tersebut dilakukan dengan maksud untuk menambah sumber daya manusia (SDM) di sektor pendidikan khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra),” ujarnya.

Sedangkan untuk wacana di tahun berikutnya, akan dibuka lagi jurusan lainnya. Namun, itu tergantung sektor pasar dan kebutuhan masyarakat Sultra terhadap disiplin ilmu yang ingin ditekuninya. (mk3-mk7-mk2/nur)

To Top