Beranda

130 Penyanyi Seluruh Indonesia Berkumpul di Kendari

berita_96875_800x600_bintang_radio

KENDARI, BKK– Tidak kurang dari 130 penyanyi dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Kendari pada 13 November mendatang. Mereka akan bersaing dalam audisi Bintang Radio Indonesia yang digelar oleh Radio Republik Indonesia.

Tak hanya dari Indonesia, peserta juga ada dari negara Asean, yakni Malaysia, Myanmar dan Timor Leste. “Baru tiga negara itu yang sudah menyatakan kesiapannya ikut di ajang Bintang Radio,” kata Kepala LPP RRI Kendari, Nawir
Nawihu saat berkunjung ke Redaksi Berita Kota Kendari, Senin (7/11).

Tahun ini, Kota Kendari dipercaya sebagai tuan rumah ajang Bintang Radio yang sudah digelar sejak 1951 atau 65 tahun lalu itu. RRI Kendari sendiri akan diwakili oleh dua peserta muda, yakni Andi Riska dan Ahmad Kamal.

Nawir menjelaskan, acara tersebut akan berlangsung dari tanggal 13 – 19 November. “Tanggal 13 itu register peserta. Kemudian tanggal 14 sampai 17 adalah babak penyisihan lomba. Grand finalnya tanggal 19 November di Clarion
(Kendari),” paparnya.

Proses seleksi tersebut akan dimulai dari penyisihan 130 peserta menjadi 30 besar. Lalu dari 30 atau 15 pasang putra-putri akan bersaing merebut posisi 10 besar (5 putra 5 putri) di grand final. Usia peserta rata-rata 16 – 30 tahun.
Mereka yang terpilih sebagai Bintang Radio selanjutnya akan mewakili Indonesia di kompetisi Bintang Radio Asean, sekaligus akan dinobatkan sebagai Duta RRI.

“Dulu wakil kita, Ikbal Giagi, juara Asean pertama waktu dilaksanakan di Manado. Kita berharap prestasi yang sama juga bisa diraih perwakilan kita,” tambahnya.

Di samping acara penyisihan, juga akan digelar seminar, gala dinner hingga kunjungan wisata di Pulau Bokori. Akan ada juga penyerahan penghargaan kepada pihak keluarga almarhum Kusbini, pencipta lagu nasional Padamu Negeri.

Terkait persiapan, RRI Kendari sebagai tuan rumah menyatakan sudah menyiapkan segala keperluan peserta maupun ofisial. “Kita sudah booking 142 kamar di tiga hotel,” kata Nawir yang datang bersama Eddy Sihnyoto
(Kasi Siaran), Samsu (Kasubsi Pengembangan Berita), dan Dedy Sumardi (Kasubsi Berita, Ulasan dan Dokumentasi).

Rencananya, acara tersebut akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. “Beliau dari awal sangat mendukung kegiatan ini,” katanya.

Direktur PT Berita Kota Kendari, Mahdar Tayyong menyatakan acara tersebut patut didukung oleh seluruh pihak. Apalagi, acara ini merupakan even nasional yang bisa semakin mengangkat citra Kota Kendari pada khususnya, dan
Sulawesi Tenggara pada umumnya. “Nilai plus jika acara ini berhasil. Apalagi ini untuk kali pertama
dilaksanakan di Kendari,” kata Mahdar. (aha)

To Top