Panwasli ‘Pelototi’ DPS – Berita Kota Kendari
Suksesi

Panwasli ‘Pelototi’ DPS

KENDARI, BKK – Panitia Pengawas Pemilihan Walikota (Panwasli) Kota Kendari benar-benar meneliti secara serius data daftar pemilih sementara yang dihasilkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

“Kami benar-benar mempelototi data DPS dari KPU. Kami melakukan pemeriksaan secara teliti by name by addres,” kata Komisioner Panwasli Kota Kendari Bidang Pencegahan Sahinuddin SH kepada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK) di kantor Panwasli, Kamis (3/11).

Sahinuddin menegaskan, pimpinan Panwasli telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Panwascam dan panitia pengawas lapangan (PPL) untuk melakukan pengawasan dengan memferivikasi DPS.

“Sampai-sampai saya ditelepon sama PPK dan PPS, kenapa katanya mereka jagai. Saya bilang sama mereka, “itu kan sudah tugas dari pengawasan,” kata Sahinuddin.

Menurut Sahinuddin, mereka melakukan pengawasan secara teliti terkait data DPS, agar menghasilkan data yang valid. Karena belajar dari pengalaman di Kabupaten Muna, pilkadanya bermasalah akibat data pemilih yang tidak valid.

Menurutnya, dari hasil pengawasan mereka terhadap data DPS, masih ditemukan data pemilih yang dobel dan pemilih yang tidak memenuhi syarat.

“Kami menemukan masih ada nama dobel dan pemilih yang sudah meninggal, tapi masih masuk dalam DPS,” katanya.

Tapi dia belum bisa merinci berapa jumlah data pemilih dobel dan pemilih yang tidak memenuhi syarat itu.

“Insya Allah nanti pada saat tanggapan masyarakat kami akan perlihatkan datanya. Sekarang sementara kami siapkan,” katanya.

Terkait pelanggaran kampanye yang dilakukan pasangan calon, kata Sahinuddin, Panwasli belum menemukan.

“Hingga saat ini kami belum menemukan pelanggaran, dan juga belum ada laporan dari masyarakat,” katanya. (CR6/nur)

To Top