Headline

KBM Demo Tuntut Pilrek Ditunda

Kendari, BKK – Puluhan orang mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahsiswa (KBM) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar aksi di halaman Rektorat UHO, Kamis (3/11).

Dalam tuntutannya, mereka memiminta agar Pilrek yang sementara berlangsung proses penjaringan ditunda sampai semua persolan selesai, karena masih banyak pelanggaran yang tersistenatis, masif dan terstruktur.

Korlap aksi, Sidik Muharam dalam orasinya mengungkapkan, aksi yang mereka lakukan hari ini adalah sudah yang keempat kalinya.

“Kami sudah melakukan demonstrasi sebanyak empat kali terkait Pilrek UHO ini sejak pemilihan kemarin yang dibatalkan,” ungkap Sidik dalam orasinya.

Terkait Pilrek UHO ini yang mereka persmasalahkan ada beberapa poin diantaranya Surat Sekjen Kemenristek Dikti yang bertentangan dengan Peraturan Mentri (Permen). Pertimbangan lain menurut mereka yakni mepetnya waktu untuk proses penjaringan, anggota senat yang belajar di luar Sultra dan anggota senat yang non OTK serta keputusan Rektor yang secara sepihak terkait penetapan ketua, sekertaris dan anggota senat.

Mengenai Surat Sekjen Kemenristek Dikti No.4344/A.A2/KP/2016 tentang Pilrek UHO masa aksi mempersolkan surat tersebut bertentangan dengan Permen No.1 tahun 2015 yang mana dalam Permen mengatur proses penjaringan balon Rektor itu harus sudah dilakukan 5 atau 3 bulan sebelum masa jabatan Rektor berakhir.

Kemudian lagi mempersolakan 13 anggota senat yang belajar di luar wilayah Sultra dan berstatus izin belajar, seharusnya mereka ini tidak diberikan izin mengingat tugas kedinasannya ditinggalkan. Dan ada satu orang anggota senat yang non OTK masih diakui sebagai anggota serta keputusan Rektor yang sepihak terkait penetapan Ketua, sekertaris dan anggota senat yang seharusnya diputuskan lewat rapat Senat UHO, kata Sidik.

“Saya menilai Rektor UHO sebagai pimpinan tertinggi di lingkup UHO telah mengeluarkan keputusan sepihak dan menguntungkan dirinya sendiri,” tudingnya. (P10)

To Top