UHO Adakan Workshop Pengelolan Pesisir Terpadu – Berita Kota Kendari
Pendidikan

UHO Adakan Workshop Pengelolan Pesisir Terpadu

Suasana pelatihan metode partisipasi pengelolaan pesisir terpadu yang diadakan FPIK UHO kerjasama dengan Universiti De La Rochelle

Suasana pelatihan metode partisipasi pengelolaan pesisir terpadu yang diadakan FPIK UHO kerjasama dengan Universiti De La Rochelle

Kendari, BKK Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) kerjasama dengan Universiti De La Rochelle, France, mengadakan pelatihan metode partisipasi pengelolaan pesisir terpadu di ruang rapat FPIK UHO, Selasa (1/11).

Salah satu pemateri dari Universiti De La Rochelle Nicolas Becu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga dan mengelola daerah pesisir pantai. Hal ini sebagai tindak lanjut atau evaluasi dari sosialisasi mereka pada masyarakat pesisir di daerah Mawabingku.

“Kegiatan ini adalah evaluasi yang kemarin di daerah Mawabingku yaitu sosialisasi pada nelayan dan masyarakat pesisir pantai dan ini atas permintaan dari pemerintah daerah (Pemda) juga supaya setiap stake holder terkait juga mengetahuinya dan bisa turun sosialisasi di masyarakat, “ ujarnya.

Ia berharap, lewat kegiatan workshop ini, peserta mengerti bagaimana metode partisipatif digunakan dalam pengelolaan sumber daya pesisir.

Peserta juga akan mendapatkan pelatihan praktis bagaimana mengatur memimpin dan memfasilitasi beberapa metode partisipatif, mencerminkan peluang untuk memadukan pendekatan partisipatif pada pengelolaan sumberdaya berkelanjutan dan konservasi di suatu wilayah.

“Peserta nantinya akan dibekali dengan materi dan praktek serta permainan supaya tidak jenuh dalam mengikuti workshop,” pungkasnya.

Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari dan di hari pertama tersebut, diikuti peserta dari sejumlah instansi terkait yang terdiri Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan pengajar dari FPIK UHO. (p10/nur)

To Top