KPU Siapkan Laporkan Pemilih AC3 ke Disdukcapil – Berita Kota Kendari
Suksesi

KPU Siapkan Laporkan Pemilih AC3 ke Disdukcapil

Hayani Imbu

Hayani Imbu

KENDARI, BKK- Mengantisipasi adanya masyarakat Kota Kendari yang tidak memiliki KTP Elektronik (E-KTP) dan tidak masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2017 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menyerahkan laporan pemilih AC3 ke dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) setempat.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, pemilih AC3 merupakan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPS namun berdomisili di Kota kendari dan memiliki hak pilih.

Kaitannya dengan disdukcapil, karena bisa jadi warga yang bersangkutan tidak terdaftar dalam DPS karena tidak memiliki E-KTP hingga perlu segera diantisipasi dengan melakukan perekaman.

“Karena mereka memiliki hak pilih maka sudah semestinya terdaftar sebagai pemilih dan untuk itu, kita akan menyiapkan laporannya,” kata Hayani saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/11) .

Ia melanjutkan, rujukan pemilih AC3 yaitu berdasarkan hasil pendataan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lapangan yang menemukan warga tidak terdaftar dalam DPS.

“Dari data tersebut, kita akan konsultasikan ke Disdukcapil apakah betul merupakan warga Kota Kendari atau tidak untuk dibuatkan kartu panggil sebagai pemilih,” jelasnya.

Hayani juga menegaskan, pemilih AC3 akan diterima datanya hingga 4 Desember 2016 untuk dibuatkan surat panggilan. Jika sampai batas waktu tersebut laporannya tidak masuk ke Disdukcapail Kendari maka tidak akan dimasukan sebagai pemilih.

“Waktunya kita sudah tentukan hingga 4 Desember, jika sampai saat itu tidak ada laporan maka akan tetap kita anggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi pemilih,” pungkasnya.(m2/nur)

To Top