Jaksa Tahan Tersangka Kasus Korupsi Jadup – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Jaksa Tahan Tersangka Kasus Korupsi Jadup

RAHA, BKK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna kembali menahan tersangka kasus dugaan korupsi pegadaan jaminan idup di Dinas Nakertrans Kabupaten Muna tahun 2012, La Nosa, ke Rutan kelas II Raha, Selasa (1/11) sekira pukul13.45 Wita.

Kasus ini sebenarnya sudah ditangani sejak tahun 2015,  namun baru diselesaikan di era Badrut Tamam SH MH sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muna.
Berdasarkan hasil audit BPKP, kasus ini merugikan negara sekitar Rp 66 juta, dengan total anggaran sekitar Rp 624 juta.

“Kasus  La Nosa ini memang perkara lama dan salah satu perkara yang harus saya selesaikan. Sebelum saya bertugas di sini perkara ini sudah ada, namun belum rampung.  Sekarang saya sudah rampungkan dan sudah ditahapduakan dan tersangkanya sudah saya tahan hari ini juga,” kata Badrut Tamam, Senin (1/11).

Menurutnya, harusnya warga trasmigrasi itu diberi jadup yang layak, namun dalam pelaksanaannya telah terjadi penyimpangan.

Jaksa Penunut Umum (JPU) kasus ini, I Gede Made Baskara Haryasa SH, menjelaskan, tersangka La Nosa dijerat pasal  Pasal 2 ayat 1 jo pasal 3 jo  pasal 18 UU no 31 thn 99 jo UU no 20 tahun 2001.

Pantauan koran ini tersangka La Nosa tiba di Kejari Muna sekitar pukul 11.45 dan langsung diperiksa di ruang Kasi Pidsus Kejari Muna I Gede Made Baskara Haryasa SH.

Sebelum ditahan oleh Kejari Muna, tersangka terlebih dulu diperiksa kesehatannya di Kejari Muna oleh dr Tutut Purwanto.

Pada koran ini dr Tutut mengatakan kondisi tesangka sehat. Tepat pukul 13.45, dengan menggunakan baju tahanan Kejari Muna berwarna hijau muda, tersangka La Nosa akhirnya digiring naik ke. Mobil tahanan Kejari Muna, dan dijebloskan ke Rutan kelas II Raha. (CR1/lex)

To Top