Bupati Target Dua Tahun Butur Surplus Pangan – Berita Kota Kendari
Aktualita

Bupati Target Dua Tahun Butur Surplus Pangan

Bupati Buton Utara Abu Hasan berserta Danramil 1416-06/Maligano saat panen perdana Kedelai. (Foto: Dok)

Bupati Buton Utara Abu Hasan berserta Danramil 1416-06/Maligano saat panen perdana Kedelai. (Foto: Dok)

BURANGA, BKK – Bupati Buton Utara (Butur) berkeinginan untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan perangkat daerah melalui gerakan revolusi mental birokrasi.

“Saya ingin mengingatkan saja, kita saat ini sedang memasuki satu gerakan yang namanya gerakan revolusi mental birokrasi,” ujar Abu Hasan saat membuka acara workshop penyusunan perangkat daerah (PD), peningkatkan kompetensi aparatur dalam menyusun strategi jangka menengah dan tahunan perangkat daerah, di Aula Bappeda, baru-baru ini.

Menurut Abu Hasan, paling tidak ada tiga langkah transformasi yang harus dilakukan. Pertama ialah mengubah pola pikir, mengubah mindset dari  birokrasi yang harus dilayani kepada birokrasi yang melayani. Paradigma yang selama ini dianggap yang dilayani dipersulit harus dipermudah.

Kedua yaitu langkah transformasi terkait dengan reformasi revolusi birokrasi merubah budaya kerjan, kebudayaan kerja yang efisien, kebudayaan yang kopoten dan kebudayaan kerja lintas sektor. Budaya lintas sektoral harus menjadi kerja-kerja nyata di Butur di masa yang akan datang. Saat ini bukan lagi zamannya mengembangkan budaya ego pada sektor-sektor kerja tertentu.

Kemudian menurut orang nomor satu di Butur ini, yang ketiga adalah memita kepada pejabat struktural yang akan di bangunan terkait kelincahan dalam merespon dinamika hal pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Oleh karena itu,diperlukan unsur birokrasi yang tepat proses dan tepat fungsi.

“Tiga langkah transformasi inilah yang harus kita kembangkan dan menjadikan salah satu tokoh birokrasi buruh dalam pencapaian penyelenggara pemerintahan daerah Butur,” jelasnya.

Apa yang ingin dilakukannya itu bukan isapan jempol, halusinasi tapi ini berdasarkan realitas objektif Butur yang memiliki sumber daya alam begitu besar kemudian berada dalam posisi strategis. Sebelah Utara dengan kabupaten Konawe kepulauan, sebelah Selatan kabupaten Buton, sebelah Timur kabupaten Wakatobi, sebelah Barat  kabupaten Muna dan kabupaten Konawe Selatan.

“Posisi kita sangat strategis, oleh karena itu harus ada sektor unggulan, tidak boleh tidak daerah kita harus surplus pangan tahun 2018,” tutupnya.(k5/lex)

To Top