Suksesi

Belum Terdaftar di DPS, Warga Melapor di Kelurahan

KENDARI, BKK – Warga Kota Kendari diimbau untuk mengecek namanya apakah terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau tidak. Jika belum terdaftar maka dipersilahkan melapor di kelurahan atau Ketua Rukun Tetangga (RT) agar didaftar sebagai pemilih.

“Jika ada warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, tapi belum terdaftar di DPS, dipersialhkan melapor di kelurahan atau Ketua RT setepat dengan membawa KTP nasional atau surat keterangan Didukcapil,” kata Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/11).

Menurut Hayani, pasca penetapan DPS, KPU Kota Kendari melakukan tahapan tanggapan masyarakat yang mulai berlangsung pada 10 hingga 19 November mendatang. Dalam tahapan ini masyarakat diminta proaktif untuk melakukan pengekan keberadaan dirinya dalam DPS.

“Petugas kami sudah berbuat maksimal melakukan coklit, namun mungkin saja ada warga yang rumahnya saat ditangi tidak berada di tempat, sehingga luput dalam coklit. Olehhya harus proaktif mengecek di DPS, supaya bisa menggunakan hak pilihnya,’ katanya.

Dalam rangka mensosialisasikan tahapan tanggapan masyarakat, KPU Kota Kendari melakukan sosialisasi dengan menggunakan kendaraan roda empat keliling dalam Kota Kendari mulai Selasa (1/11).

Sosialisasi hari pertama, Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu turun langsung melakukan sosialisasi melalui microfon. Pada hari pertama, tim sosialisasi KPU Kota Kendari menyisir Kecamatan Kendari dan Kendari Barat.

Betika berada di daerah padat pendudukan atau pusat publik seperti pasar, kendaraan sosialisasi KPU berhenti, dan melakukan pengumuman secara berulang kali.

“Ini agar masyarakat bisa menangkap pesan sosialisasi yang kami sampaikan. Alhamdulillah banyak yang peduli dengan pengumuman kami,” kata Hayani yang biasa disapa Teo.

Rencananya sosialisasi dengan menggunakan mobil keliling seperti ini akan berlangsung hingga 19 hari ke depan dengan lokasi yang berbeda.

Hari ini tim sosialisasi KPU Kota Kendari akan melakukan sosialisasi di Kecamatan Mandonga dan Puuwatu. (m2)

 

To Top