Rasak – Haris Terkaya, Derik – Syahriah Termiskin – Berita Kota Kendari
Suksesi

Rasak – Haris Terkaya, Derik – Syahriah Termiskin

KENDARI, BKK – Dari tiga pasangan calon (paslon) yang bertarung di pemilihan wali kota (Pilwali) Kendari 2017, pasangan Abdul Rasak – Haris Andi Surahman sementara yang paling banyak harta kekayaannya.

Dikutip dari laman Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK tentang Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara atau (LHKPN), Senin (31/10), khusus Kota Kendari, tinggal LHKPN Sulkarnain yang sementara diproses di KPK.

Sedangkan lima calon wali kota maupun wakil, kekayaannya sudah diketahui jumlahnya.

Paslon Rasak – Haris memiliki jumlah kekayaan terbesar karena disumbang dengan kekayaan Haris Andi Surachman yang mencapai Rp 8,4 miliar. Sehingga ditambahkan dengan kekayaan Abdul Rasak Rp 913 juta jumlahnya menjadi sekitar Rp Rp 9,3 miliar.

Di peringkat kedua paslon dengan harta kekayaan terbanyak adalah Adriatma Dwi Putra. Putra Wali Kota Kendari ini, memiliki harta kekayaan sekitar Rp 3,5 miliar.

Kemungkinan besar, jumlah kekayaan pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain akan bertambah, jika KPK sudah memproses jumlah kekayaan Sulkarnain.

Sedangkan paslon dengan harta kekayan paling sedikit adalah pasangan Muhammad Zayat Kaimoeddin – Suri Syahriah Mahmud. Meski digabungkan, harta kekayaan mereka tidak sampai menyaingi kekayaan ADP sendirian.

Kekayaan pasangan ini jika diakumulasi, tidak sampai Rp 1 miliar. Zayat sendiri, memiliki harta kekayaan sekitar Rp 504 juta ditambah $ 3.400. Sedangkan wakilnya, Suri Syahriah hanya memiliki kekayaan Rp 255 juta. Sehingga ditotalkan, kekayaan keduanya hanya sekitar Rp 700 juta.

Calon wali kota, Mohammad Zayat Kaimoeddin mengatakan, pertarungan pilwali bukanlah pertarungan uang dari masing-masing paslon.

Menurut dia, Pilwali merupakan pertarungan gagasan dan ide dalam memajukan Kota Kendari ke depan.

“Pilwali ini bukan pertarungan hujat menghujat, fitnah memfitnah dan bukan pertandingan banyak uang. Pilwali merupakan pertandingan gagasan, ide tentang apa yang akan kami lakukan ketika kami terpilih nanti,” ujarnya.

Pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kota Kendari 2017, sudah dipastikan akan diikuti tiga paslon.

Adalah nomor urut 1 pasangan Abdul Rasak-Haris Andi Surahman, nomor urut 2 pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain dan nomor urut 3 pasangan Mohammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud.

Pasangan Rasak-Haris, diusung oleh Partai Golkar dan Nasional Demokrat dengan total 7 kursi di DPRD Kota Kendari.

Pasangan ADP-SUL, diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerindra dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan total 17 kursi.

Pasangan Derik-Suri, diusung oleh Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Hanura. Total kursi yang mereka kumpulkan sebanyak 11 kursi. (m2/lex)

Berikut daftar jumlah kekayaan dari tiga pasangan calon di Pemilihan Wali Kota Kendari 2017:

Nomor Urut  Nama Paslon                                   Jumlah Kekayaan                          Total

1      Abdul Rasak                                                Rp 913.300.000                               Rp 9,3 miliar

        Haris Andi Surahman                                Rp 8.413.702.000

2      Adriatma Dwi Putra                                    Rp 3.543.572.739                            Rp 3,5 miliar

        Sulkarnain                                                    Sementara diproses

3      Mohammad Zayat Kaimoeddin                  Rp 504.481.887                               Rp 700 juta

         Suri Syahriah Mahmud                             Rp 255.110.276

To Top