Umar Samiun Tak Hadiri Acara Pelantikan Plt Bupati Buton – Berita Kota Kendari
Headline

Umar Samiun Tak Hadiri Acara Pelantikan Plt Bupati Buton

ft-pelantikan-plt-bupati-buton2

KENDARI, BKK– Effendi Kalimuddin mulai hari ini, Kamis (27/10), resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Buton. Di saat yang sama Umar Samiun serta La Bakri secara resmi menjalani cuti di luar tanggungan negara sebagai Petahana Bupati Buton dan Wakil Bupati Buton, menyusul keikutsertaan pasangan ini dalam Pilkada Bupati Buton.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr Nur Alam menyerahkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.74-9973 tahun 2016 tentang Penunjukkan Pelaksana Tugas Bupati Buton kepada Effendi dalam sebuah seremoni penyerahan di Baruga Sangia ni Bandera, Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Hanya saja, acara tersebut tidak dihadiri oleh Umar Samiun. Petahana Wakil Bupati Buton, La Bakri mengatakan Umar Samiun sedang berada di luar daerah. “Beliau lagi ada urusan yang tak bisa ditinggalkan di luar daerah,” kata La Bakri tanpa menyebut persis daerah yang dimaksud.Nur Alam menyatakan, acara tersebut bukanlah pelantikan, melainkan hanya seremoni penyerahan surat tugas. Karena itu, dia dan Effendi mengenakan Pakaian Sipil Harian, bukan Pakaian Dinas Resmi.Dia pun mengingatkan Effendi agar bekerja secara hati-hati. “Beban kerja pelaksana tugas bupati yang daerahnya Pilkada itu berlipat-lipat bebannya dibandingkan penjabat bupati yang daerahnya tidak ada Pilkada. Karena itu, pandai-pandailah berkoordinasi dengan lembaga terkait,” pesannya.Kepada wartawan, Effendi mengatakan akan berangkat ke Buton, Sabtu ini. Senin pekan depan, dia akan mengumpulkan seluruh kepala SKPD, terutama camat untuk briefing mengenai masalah Pilkada. “Tugas utama saya seperti disebutkan dalam SK tadi adalah menjamin netralitas para aparat pemerintahan,” katanya. (aha)

To Top