Pelabuhan Bungkutoko Beroperasi 1 November – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Pelabuhan Bungkutoko Beroperasi 1 November

KENDARI, BKK- Pelabuhan Bungkutoko direncanakan beroperasi pada 1 November dan akan diresmikan langsung oleh Wali Kota Kendari. Pelabuhan tersebut akan dioperasikan oleh Koperasi Tunas Bangsa Mandiri (KTBM) yang bermitra dengan PT Pelindo.
    
    Ketua Badan Pengawas KTBM, Mudassir mengungkapkan, peresmian pengoperasian perdana Pelabuhan Bungkutoko akan ditandai dengan kegiatan bongkar-muat khusus kontainer. Pihak KTBM akan menyiapkan segala kebutuhan pihak PT Pelindo untuk mengoperasikan pelabuhan tersebut.
    “Kami sudah menyiapkan segala kebutuhan, baik secara teknis maupun legalitas. Pada tanggal 1 November ini, jika tidak ada halangan, pelabuhan tinggal dioperasikan saja,” ujar Mudasir saat ditemui di Pelabuhan Bungkutoko, Rabu (26/10).
    Ketua Umum KTBM, Irwan menambahkan, KTMB merupakan satu-satunya koperasi yang bermitra dengan PT Pelindo sebagai operator pelabuhan. Ia menegaskan, yang menunjuk KTBM sebagai operator pelabuhan adalah langsung dari pemerintah.
    “Setelah dilakukan investigasi dan mengecek legalitasnya, pemerintah akhirnya menetapkan KTBM sebagai koperasi yang mewadahi buruh di pelabuhan. Nah, itu yang menentukan. kita sudah ada syarat itu semua, mulai dari rujukannya, rekomendasi, dan legalitas koperasi kami.  Yang SK kan kita itu langsung dari Kementria Koperasi dan UMKM,” tandasnya.
    Pihaknya berharap, Pelabuhan Bungkutoko dapat beroperasi dengan baik tanpa ada pihak-pihak yang menghambat sampai pada operasi perdana. Ia juga menghimbau masyarakat agar bersama-sama mendukung agar Pelabuhan Bungkutoko cepat beroperasi.
    “Memang harapan kita, harapan semua pihak, dan juga merupakan visi dari pemerintah supaya Pelabuhan Bungkutoko ini cepat dioperasikan. Sehingga arus barang dari atau ke kapal dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.(p11/b/aha)

To Top