Ada Cicilan Hanya Rp 27.000 per Hari – Berita Kota Kendari
Beranda

Ada Cicilan Hanya Rp 27.000 per Hari

ft-ficer-pameran-perumahanJika Anda berpenghasilan Rp 4 juta ke bawah, belum punya rumah, plus berstatus PNS, dan belum memiliki rumah sendiri, inilah kesempatan yang baik untuk mendapatkan rumah dengan harga yang sangat murah. Bahkan, ada rumah yang sudah bisa dihuni dengan cicilan Rp 27.000 sehari!

Laporan : Akbar Hamdan

Kesempatan mendapatkan rumah murah ini ditawarkan dalam Pameran Rumah Rakyat 2016, yang saat ini sedang berlangsung di GOR Bahteramas, Kota Kendari, Rabu (27/10). Pameran ini menghimpun sedikitnya 33 pengembang perumahan dan enam bank penyalur kredit, yakni  Bank BTN, BRI, BNI, Bank Sultra, Bank Artha Graha dan BRI Syariah.
Di pameran ini, setiap pengembang dan perbankan memiliki stan sendiri-sendiri. Para pengunjung pun bisa bebas melihat dan bahkan bertanya secara langsung mengenai rumah yang ditawarkan oleh masing-masing pengembang.
Salah satunya adalah stan milik PT Patmindo Raya. Dalam stan ini, sebuah baliho kecil menarik perhatian karena bahasa marketingnya yang  menggiurkan, ‘Beli Rumah, Angsuran Mulai Rp27.000 / Hari. Mau???’
Bahasa marketing ini pun bukan sekadar menarik perhatian pengunjung, namun memang benar-benar begitu adanya. “Saya bisa menjamin, rumah kami yang paling rendah cicilannya di sini,” kata Direktur Utama PT Patmindo Raya, Roland Yiedri, saat menjamu kedatangan Berita Kota Kendari di stannya.
Roland saat ini sedang membangun sebanyak 1.102 unit perumahan untuk PNS Pemkot Kendari. Lokasinya di Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Sudah 600 unit lebih yang sudah selesai. Dari 600 unit lebih yang sudah selesai itu, 80 persen diantaranya sudah dimiliki user.
Rumah yang dibangun seluruhnya tipe 36, dengan luas lahan 10 m x 15 meter. Dengan tipe dan luas lahan tersebut, rumah tersebut berkonsep rumah tumbuh.
Yang menarik, cicilan yang ditawarkan termasuk murah untuk saat ini, hanya Rp 802.000 per bulan. Jika dirata-ratakan, hanya Rp 27.000 setiap hari. “Bagi yang perokok, coba deh berhenti rokok dan mulai menyisihkan uang pembeli rokoknya setiap hari. Pasti cukup,” katanya dengan tersenyum.
Roland pun menjamin cicilan Rp 802.000 ini akan bertahan selama 15 tahun masa kredit alias tidak akan naik. Sebab pembangunan rumah ini merupakan program 1 Juta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintaha Jokowi – JK, untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 4 juta per bulan.
Syaratnya pun sangat mudah. Cukup membawa fotokopi KTP suami istri, fotokopi SK pertama dan terakhir bagi PNS yang sudah teregalisir, rincian slip gaji teregalisir, pas photo suami istri ukuran 3 x 4, fotokopi NPWP, fotokopi tabungan Batara dan materei. Sisanya adalah uang muka Rp 10 juta.
“Di kami tidak ada lagi biaya lain. Cukup bayar Rp 10 juta uang muka, semua sudah include. Tinggal bayar cicilannya sesuai yang disepakati,” katanya.
PT Patmindo Raya sendiri menyediakan berbagai pilihan uang muka dan lama cicilan. Mulai dengan uang muka Rp 10 juta sampai Rp 90 juta. Masa cicilannya pun mulai 1 tahun hingga 19 tahun. Pihaknya juga menjual rumah ini secara tunai sebesar Rp 110 juta per unit.
Roland juga menjamin perumahan tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial. Terutama jalan utama yang aspal hotmix, jalan lingkungan dari paving block. Begitu juga dengan listrik dan air bersih dari sumur bor.
Dari data yang dimiliki Roland, masih ada 1.378 PNS yang belum memiliki rumah. “Seharusnya mereka bisa membaca peluang. Subsidi pemerintah banyak sekali yang diberikan, termasuk untuk perumahan,” katanya.
Selain perumahan untuk PNS Pemkot Kendari, ada juga perumahan untuk PNS Pemprov Sultra. Perumahan untuk PNS Pemprov Sultra ini bisa ditengok melalui maket yang dimiliki stan milik Dinas Pekerjaan Umum Sultra.
Perumahan untuk PNS Pemprov Sultra ini menempati areal seluas 1.000 hektar di Nangananga. Saat ini, sudah dibangun 1000 rumah dan sudah ada 400 unit diantaranya yang telah punya pemilik.
Tipe di rumah ini juga rumah sederhana, atau tipe 36. “Pembangunan perumahan untuk PNS Pemprov Sultra banyak pengembangnya. Tetapi bank kreditnya di Bank BTN,” kata Vince, Staf Bidang Perumahan, Dinas PU Sultra yang bertugas melayani para pengunjung.
Menurut Vince, harga rumah yang ditawarkan sangat murah. Hanya Rp 60 juta per unit. “Tapi itu tidak termasuk listrik dan air,” katanya. (*/aha)

To Top