35 Pengurus BUMDES Asal Poleang Utara Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas. – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

35 Pengurus BUMDES Asal Poleang Utara Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas.

RUMBIA, BKK- Guna meningkatkan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), pemerintah kecamatan Poleang Utara Kabupaten Bombana bekerja sama dengan desa diwilayahnya menggelar pelatihan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus BUMDES diseluruh desa yang ada diwilayah itu agar memiliki kemampuan dalam menjalankan tugasnya.

Tujuh desa diwilayah kecamatan Poleang Utara tersebut adalah, desa  Desa Toburi, Karya Baru, Tanah Poleang, Tampabulu, Lawatueya, serta desa Rompu-Rompu.

Ketujuhnya mengutus masing-masing lima orang peserta yang terdiri dari tiga pengurus BUMDES itu sendiri, serta dua lainnya dari perwakilan masyarakat.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Malur, mengatakan selama ini para pengurus BUMDES diwilayah tersebut belum menguasai tugas, fungsi dan wewenangnya sebagai pengurus, sehingga pelatihan tersebut perlu dilakukan.

“Selama ini pengurus BUMDES diwilayah kami belum memahami itu yang namanya BUMDES, saya berharap melaui pelatihan ini, kapasitas mereka bisa meningkat,” katanya.

Untuk pemateri, tambah dia pihak panitia bekerjasama dengan pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan (BPMP) setempat yang rencananya akan memberikan pembekalan terhadap 35 peserta selama tiga hari penuh.

“Jadi mulai hari ini (kemarin,red), kita sudah mulai pelatihannya. Rencananya kegiatan ini akan berakhir pada Jum’at 28 oktober mendatang,” ungkap, Malur.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar tingkat pemahaman terhadap tugas dan fungsi mereka selaku pengurus BUMDES terus meningkat, (cr2).

To Top