Suksesi

Mayoritas Incumbent Dapat Nomor Dua

hkKENDARI, BKK – Dari tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentak 15 Februari 2017 mendatang, terdapat enam calon bupati yang berstatus incumbent, satu anak incumbent.

Dalam pencabutan nomor urut yang dilakukan KPU kabupaten/kota penyelenggara pilkada secara serentak, Selasa (25/10), ternyata mayoritas incumbent memperoleh nomor urut 2.

Daerah-daerah yang calon incumbent-nya memperoleh nomor urut dua yakni Bombana, Muna Barat (mubar), Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), dan Kolaka Timur. Di Kota Kendari, anak Wali Kota aktif, Adriatma Dwi Putra (ADP) memperoleh nomor dua. Sementara di Kabupaten Buton, paslon incumbent tidak melakukan pencabutan nomor urut, karena tak ada lawan tarung.

Misalnya, calon incumbent di Bombana, pasangan H Tafdil – Johan Salim (Bertahan) setelah mencabutan nomor urut, mereka mendapatkan nomor dua. Sedangkan lawannya, Kasra J Munara – H Man Arfah (Berkah) mendapatkan nomor urut satu.

Di Mubar, calon incumbet LM Rajiun Tumada yang berpasangan dengan Acmad Lamani memperoleh nomor dua, sedangkan lawannya LM Ichsan – La Nika memperoleh nomor 1.

Calon incumbent di Buteng, H Abdul Mansur Amila yang berpasangan dengan Saleh Ganiru juga memperoleh nomor dua, sedangkan lawannya pasangan Samahuddin – La Ntau mendapatkan nomor urut satu.

Di Busel pun demikian. Calon bupati incumbent H Muh Faisal La Imu yang berpasangan dengan Wa Ode Hasniwati juga memperoleh urut nomor dua setelah dilakukan pencabutan nomor urut yang dilakukan KPU Busel.

Pasangan lain H Satar – Yassin Welson memperoleh nomor 1, Agus Feisal – La Ode Arusani mendapatkan nomor 3, dan paslon perseorangan Agus Salim – Laode Agus memperoleh nomor urut 4.

Calon bupati terakhir yang memperoleh nomor dua yakni Boby Alimuddin yang berpasangan dengan H Maksum Ramli. Lawannya paslon Nur Rahman Umar – H Abbas memperoleh nomor urut satu, dan paslon Anton – Haidirman Sarira mengantongi nomor urut 3.

Apakah para incumbent akan menjadi juara dalam pilkada nanti, atau justru akan mengalami kekalahan? Kita tunggu saja hasilnya pada 15 Februari 2017 mendatang.(***)

To Top