Headline

Makna Nomor Urut bagi 3 Kandidat

NOMOR KEBERUNTUNGAN

KENDARI, BKK- Usai mendapatkan nomor urut, tiga pasangan Calon Walikota dan Walikota Kendari dipersilahkan untuk memberikan sambutan dan kesan terhadap nomor yang baru saja diperolehnya.

Abdul Rasak – Haris yang mendapatkan nomor urut 1 menyatakan angka tersebut melambangkan kemenangan. “Saat kami tes kesehatan, kami yang nomor 1 selesai. Tes psikologi, kami juga yang nomor satu selesai. Hari ini, kami dapat lagi nomor 1. Kami menganggap ini pertanda bahwa Pilkada Kendari ini, suara kami juga nomor satu (paling tinggi),” kata Rasak dalam acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari, di Hotel Grand Clarion Kendari, Selasa (25/10) hari ini.

Sementara Adriatma Dwi Putra yang tampil selanjutnya, mengatakan tidak mempermasalahkan nomor urut. Baginya yang terpenting adalah, para pemilih nanti dapat melihat dengan jelas gambar dan nomor seluruh pasangan.

Meski demikian, ADP mengaku sangat surprise setelah mencabut dan mendapatkan nomor urut 2. Menurutnya, angka 2 melambangkan keseimbangan.

“Langkah kita bisa seimbang karena punya dua kaki. Penglihatan kita sempurna karena ada dua mata. Dua bagi kami bermakna keseimbangan dan kesempurnaan,” kata ADP yang tampil mengenakan baju kemeja berwarna putih.

Selain itu, angka dua yang dilambangkam dengan dua jari membentuk huruf ‘V’ menjadi incaran karena bisa diartikan dengan Victory atau kemenangan. V juga bisa diartikan perdamaian.
Mendapat nomor urut 3, Zayat Kaemoedin menganggap tidak ada keterkaitan antara nomor urut dan kemenangan ataupun kekalahan. Bagi Zayat, yang menentukan kemenangan dan kekalahan adalah Allah Swt.

“Saya hanya ingin mengimbau kepada tim kami, agar menciptakan demokrasi yang sehat. Dan kepada Panwas, dan KPUD agar tetap menindaklanjuti laporan yang ada. Jika tidak ditindaklanjuti, ada yang kecewa. Kalau ada yang kecewa, bisa bahaya. Jangan sampai seperti (Pilkada) Muna,” kata Zayat yang pernah menjadi Penjabat Bupati Muna itu.

Di akhir sambutannya, Zayat langsung mengangkat tangannya dan membentuk lambang metal. Hal ini langsung disambut riuh oleh para pendukungnya.

Usai sambutan, ketiga kandidat menjalani sesi foto bersama dengan Wali Kota Kendari, Asrun, unsur Muspida, para anggota KPU dan Panwas Kendari. (aha)

To Top