Umar Samiun Tersangka, Pilkada Buton Terancam Diundur 2018 – Berita Kota Kendari
Suksesi

Umar Samiun Tersangka, Pilkada Buton Terancam Diundur 2018

Munsir Salam. (foto: Rudy/BKK).

Munsir Salam. (foto: Rudy/BKK).

KENDARI, BKK – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton yang semestinya terlaksana di pilkada serentak 2017 mendatang, terancam diundur sampai 2018.

Hal ini dikarenakan Bakal Calon (Balon) Bupati Buton Umar Samiun yang dipastikan akan menjadi calon tunggal, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan kasus dugaan suap sengketa Pilkada Buton yang lalu.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) Munsir Salam mengatakan, dengan melihat kondisi yang ada, Pilkada Buton mesti diundur.

Namun demikian, terkait penetapan Umar Samiun sebagai tersangka, secara kelembagaan pihaknya akan memastikan dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bawaslu RI serta KPK.

“Indikasi terburuknya karena Umar Samiun merupakan calon tunggal di Pilkada Buton, sehingga Pilkada Buton harus diundur tahun 2018,” kata Munsir kepada awak media, Kamis (20/10).

Berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), status tersangka Umar Samiun tidak bisa menggugurkan pencalonaannya sebelum kasus yang menjeratnya itu memiliki keputusan mengikat atau inkrah.

Akan tetapi, kata Munsir, jika kemudian keputusan inkrah tersebut keluar sebelum dimulainya pemungutan suara maka KPU harus mengambil sikap dengan melakukan penambahan waktu pendaftaran calon bupati.

“Ruang dan waktunya akan disiapkan. Untuk partai politik (Parpol) pengusung calon bupati harus mempersiapkan untuk menggantikan pasangan calon tersebut,” ujarnya.

Jika ada pergantian calon, lanjutnya, tentu juga akan ada penyesuaian seperti kertas suara dan lainnya.

“Meskipun kertas suara sudah dicetak tentu akan diganti karena mana mungkin calon yang sudah gugur tetap ada di kertas suara,” tandasnya.

Tetapi yang perlu diketahui, tambahnya, penyelenggara pemilu saat ini masih terfokus dengan menyelenggarakan tahapan pilkada yang saat ini tengah berjalan.(p5/nur)

To Top