Bertekad Jadi RS Unggulan, RSUD Kendari Terus Berbenah – Berita Kota Kendari
Beranda

Bertekad Jadi RS Unggulan, RSUD Kendari Terus Berbenah

 

Foto Bersama Wali Kota Kendari, Dirut RSUD Abunawas Bersama Tim Monitoring Akreditasi. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Bertekad mewujudkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kendari sebagai salah satu RS unggulan di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kota (Pemkot) terus melakukan pembenahan. Hal ini dilakukan demi memberikan rasa nyaman terhadap warga yang datang berobat di RS tersebut.

Saat ini pun, RSUD Abunawas tengah menghadapi proses akreditasi. Untuk mencapai hasil yang diharapkan, RS yang bartu terakreditasi C ini, tentu akan lebih berupaya memaksimalkan pelayanan sebagai salah satu standar penilaian dari tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Pemberian pelayanan RSUD yang maksimal, juga terus didorong Wali Kota Kendari, Asrun. Terlebih, untuk mencapai akreditasi yang diharapkan ke depan tentu  perlu peningkatan mutu dari berbagai aspek yang ada di RS itu sendiri.

“Akreditasi ini kita harap bisa menjadi kado istimewa saya bagi seluruh masyarakat Kota Kendari.

Semoga dengan akreditasi yang didapatkan, kinerja RSUD ini utamanya dalam segi pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa meningkat,” ungkap Asrun saat menghadiri pembukaan simulasi penilaian tim KARS di RSUD Kendari, Selasa (20/12/2016).Selasa (20/12).

Direktur Utama (Dirut) RSUD Abunawas Kendari, Asridah Mukaddim menjelaskan, ada empat indikator yang menjadi penilaian dalam akreditasi tersebut. Pertama adalah hak dan kewajiban pasien, kedua program pencegahan dan pengendalian infeksi, ketiga keselamatan pasien dan keempat yakni kualifikasi pendidikan dan staf.
“Nantinya, dari empat syarat penilaian itu memiliki indikator masing-masing. Misalnya setelah melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang infeksi selanjutnya pihak pemberi layanan hendaknya mencuci tangan,” paparnya.
Persiapan untuk menghadapi akreditasi itu pun telah dilakukannya. Ia berharap, ke depannya RSUD Abunawas menjadi terstandar, sehingga komplen-komplen dari masyarakat bisa ditangani. Sebab, dengan akreditasi ini masyarakat atau pasien bisa mengetahui hak dan kewajibannya.

Ketua Tim KARS, Sri Pratomo juga memaparkan, akreditasi di RSUD Kendari ini adalah satu proses untuk menuju agar pelayanan RS memiliki mutu tinggi dan memiliki keselamatan pasien yang sangat hebat.

“Sebenarnya yang kami harapkan dalam akreditasi ini adalah endingnya. Sehingga, nantinya mutu RS menjadi bagus dan pasien yang dirawat aman,” ungkapnya.

Penilaian yang dilakukan dalam akreditasi ini pun, lanjutnya, bukan berarti dalam bentuk penilaian angka. Namun, yang menjadi penilaian dalam akreditasi ini utamanya adalah segi pelayanan yang diberikan pihak RS yang bersangkutan, dimana kebijakan prosedur yang dibuat harus sesuai dengan pelaksanaan dan implementasi yang dikerjakan di lapangan.

Sementara itu, Ketua Tim Akreditasi RSUD  Kendari, Hery Irawan mengatakan, akreditasi merupakan suatu kewajiban RS minimal tiga tahun. Karena RS Kota Kendari merupakan RS tipe C maka pihaknya mengajukan akreditasi khusus.

“Jadi tahap persiapannya memang kita menyiapkan program khusus yang lebih mudah karena berbasis empat indikator diantaranya kualifikasi pendidikan staf dan keselamatan pasien,” tambahnya.

Ditambahkannya, akreditasi program khusus tahun ini berbeda dengan akreditasi KARS yang sebelumnya di 2011 lalu yang hanya berbasis pada pelayanan saja. Namun untuk sekarang ini, akreditasi program khusus tersebut  terimplementasi mulai dari dokumen sendiri, regulasi RS, sampai pada pasien tata kelola, klinik serta monitoring menyangkut program-program yang ada.

“Jadi memang akreditasi tahun ini lebih kompleks. Namun karena hal ini menjadikan tingkat pelayanan suatu RS menjadi leb ih maju,” tambahnya. (Cr6/b/nur)

To Top