Pendidikan

Dubes RI untuk Yordania dan Palestina Membawakan Kuliah Umum di UHO

tegus Wardoyo

tegus Wardoyo

KENDARI, BKK Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah dan Negara Palestina Teguh Wardoyo memberikan kuliah umum di ruang rapat senat Universitas Halu Oleo (UHO), Rabu (19/10).

Materi kuliah yang dibawakan Teguh Wardoyo terkait jejak Indonesia di tanah para nabi, khususnya di Yordania dan Palestina tersebut, diikuti lebih 200 mahasiswa dan beberapa tamu undangan.

“Saya diangkat oleh Presiden RI untuk menjadi Duta Besar di Kerajaan Yordania dan Negara Palestina. Jadi memang kami harus menjelaskan hal terkait dua negara itu, sebab sudah sesuai denga tugas saya,” ujar teguh Wardoyo usai membawakan materi dalam kuliah umum tersebut.

Dalam materinya, ia mengungkapkan, hubungan diplomatik Indonesia dengan Kerajaan Yordania sudah terjalin sejak 1950. Sedangkan dengan Palestina terjalin sejak 1989. Dalam hubungan diplomatik tersebut, Dubes RI sudah terakreditasi oleh Kerajaan Yordania Hasyimiah dan Negara Palestina.

“Sudah sejak dahulu hubungan kerjasama kita terbangun dengan ke dua Negara tersebut. Sampai saat ini, jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Yordania kurang lebih 30.000 jiwa dan di Palestina terdapat kurang lebih 30 WNI,” pungkasnya.

Dia juga menerangkan, kondisi Yordania dan Palestina, khususnya Palestina yang saat ini tidak menjunjung kebebasan, dimana masyarakatnya menderita dan mengalami situasi yang tidak manusiawi. Namun demikian, dalam kondisi seperti itu Indonesia tetap selalu menjaga hubungan baik dengan Negara tersebut.

“Setelah mendengar materi ini diharapkan peserta kuliah umum dapat membuat langkah nyata dalam mendukung kemerdekaan saudara-saudara kita yang menderita, baik itu di Yordania maupun Palestina khususnya,” tandasnya.(p10-p11/nur)

To Top