Berkas Calon PAW Suaib Kasra Sudah di Tangan Gubernur – Berita Kota Kendari
Suksesi

Berkas Calon PAW Suaib Kasra Sudah di Tangan Gubernur

Idiawati

Idiawati

KOLAKA,BKK- Satu kursi Pertai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka yang kosong pasca ditinggal Almarhum Suaib Kasra, akan segera terisi. Berkas calon Pengganti Antar Waktu (PAW) yakni Idiawati, kini sudah di tangan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kabarnya berkas PAW dari PPP sudah sampai di tangan gubernur. Yang jelas berkasnya sudah kami kirim dan sesuai aturannya tujuh hari sudah harus diteruskan setelah dari DPRD, lalu ke Bupati dan kemudian ke Gubernur,” kata anggota Komisioner KPU Kolaka Muh Aidil Adha Lumele, Rabu (19/10), di kantornya.

Menurut mantan aktivis Universitas Halu Oleo (UHO) ini, pelantikan Idiawati sebagai PAW dari PPP saat ini tinggal menunggu surat keputusan (SK) Gubernur Sultra .

Ditempat terpisah, ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir membenarkan kalau berkas calon PAW pengganti Almarhum Suaib Kasra tersebut sudah diteruskan ke Bupati Kolaka. Kemungkinan besar saat ini sudah diteruskan ke gubernur.

“Pada intinya kami tidak pernah menahan-nahan PAW. Kita ini kan hanya bersifat meneruskan. Malah lebih cepat lebih baik,” kata ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kolaka ini.

Untuk diketahui, ditetapkannya Idiawati sebagai calon PAW Suaib Kasra, sebab pada pemilihan legislatif 2014 lalu, ia meraih suara terbanyak kedua yakni 1.364 untuk zona III, meliputi kecamatan Kolaka, Wundulako dan Baula. Awalnya langka Idawati sempat terhenti dengan keluarnya rekomendasi dari Ketua DPC PPP Kolaka versi Najmuddin Haruna yang merekomendasikan Saenab.

Namun, usulan itu dianggap tidak sesuai aturan dan dikembalikan pihak KPU Kolaka. ‎Proses PAW dari PPP baru dilakukan setelah Ketu Umum DPP PPP Romahurmuziy dan Sekjennya Asrul Sani, menandatangani surat PAW dengan nama Idiawati pada 3 Agustus 2016 lalu. Kini Idiawati tinggal menunggu proses pelantikan dirinya sebagai wakil rakyat. (cr3/nur)

To Top