Panwaslu Sinyalir Keterlibatan PNS Rawan di Pilwali Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Panwaslu Sinyalir Keterlibatan PNS Rawan di Pilwali Kendari

Ketua Panwaslu Kota Kendari

Ketua Panwaslu Kota Kendari

Kendari, BKK Keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam politik praktis jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) masih membutuhkan pengawasan ekstra dari panitia pengawas pemilu (Panwaslu). Tidak terkecuali di Kota Kendari, yang disinyalir masih rawan keterlibatan abdi Negara tersebut.

Hal itu diakui Ketua Panwaslu Kota Kendari Alasman Mpesau karena terbukti setiap momen pilkada, PNS yang terlibat politik praktis masih saja terus ditemukan.

“Salah satu pelanggaran yang sering terjadi atau yang ditemukan di lapangan adalah ikut ambil bagiannya PNS dalam perpolitikan seperti kampanye dan sosialisasi di masyarakat ini,” ungkap Alasman saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/10).

Bahkan di Kota Kendari, lanjutnya, telah dilaporkan lima orang PNS yang terlibat kegiatan politik jelang pilkada 2017 mendatang. Makanya, ia berharap agar selanjutnya tidak ada lagi PNS yang dilaporkan karena pelanggaran yang sama.

“Saya mengimbau kepada seluruh PNS di Kota Kendari sini untuk tidak terlibat dalam berpolitik. Cukup menyaksikan saja dan jangan terlibat langsung di dalam seperti kampanye dan sosialisasi di masyarakat,” tuturnya.

Larangan PNS berpolitik praktis juga tertuang dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pelanggar dapat dikenai sanksi teguran hingga pemecatan. (p10/nur)

To Top