Peringati CTPSS, Bupati Butur Praktekkan Cuci Tangan Sehat Bersama Ratusan Siswa – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Peringati CTPSS, Bupati Butur Praktekkan Cuci Tangan Sehat Bersama Ratusan Siswa

Bupati Butur Abu Hasan didampingi ketua PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, Sekda Butur La Ode Baharudin mempraktekkan cuci tangan pakai sabun yang sehat

Bupati Butur Abu Hasan didampingi ketua PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, Sekda Butur La Ode Baharudin mempraktekkan cuci tangan pakai sabun yang sehat

BURANGA, BKK – Dalam rangka memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia (CTPSS), ratusan anak sekolah dasar (SD) dan taman kanak-kanak (TK) di Kabupaten Buton Utara (Butur), nampak antusias pengikuti arahan guru dan petugas dinas kesehatan (Dinkes) setempat mengenai cara cuci tangan sehat yang dipusatkan di lapangan Raja Jin Ereke, Sabtu (15/10/2016).

Dalam kegiatan tersebut, petugas dari Dinkes Butur nampak  menjelaskan dan mempraktekkan 7 langkah cuci tangan pakai sabun yang sehat. Adapun langkahnya yakni basahi tangan, pakai sabun, tangan digosok dari depan lalu kebelakang, lalu diusap-usap sela sela tangan, kemudian kuku jari, jempol, pergelangan tangan basuh dengan air bersih dan terakhir tangan dilap dengan lap bersih.

Kegiatan yang diperingati seluruh dunia ini diikuti juga sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Butur. Bahkan Bupati Butur Abu Hasan bersama istri serta sejumlah pejabat setempat baik itu Plt Sekda La Ode Baharuddin dan para pimpinan satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) ikut langsung mempraktekkan cuci tangan yang sehat itu.

Abu Hasan  mengungkapkan, dengan adanya peringatan  CTPSS dapat menjadi kebiasaan bahkan membudaya dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, perilaku yang demikian sangat sederhana, namun dampaknya luar biasa.

“Mudah-mudahan gerakan cuci tangan yang sehat dapat dipraktekkan dalam kehidupan keseharian kita. Karena gerakan cuci tangan sedunia ini sangat bermanfaat sebagai salah satu unsur menjaga kesegaran dan kesehatan kita. Kita biasakan cuci tangan sebelum makan, kita biasakan cuci tangan sesudah makan, kita biasakan cuci tangan sesudah masuk toilet dan anak-anak biasakan cuci tangan sesudah bermain,”terangnya.

Orang nomor satu di Butur ini menyampaikan kepada semua pihak terutama guru-guru maupun orang tua, agar jangan henti-hentinya mengingatkan anak-anak untuk selalu hidup bersih. Paling penting ialah memberikan contoh di rumah dan di sekolah bagaimana cuci tangan yang sehat.

Ditempat yang sama, ketua PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan mengungkapkan bahwa kegiatan CTPSS kali ini terselenggara atas kerjasama Pemda Butur dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, serta PKK sendiri.

Dia mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti itu, anak-anak sejak dini diajarkan cara hidup sehat melalui cuci tangan yang benar. Karena menurutnya, biasanya memori anak itu cukup kuat untuk mengingat, sehingga bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Harapan kita degan gerakan ini, tadinya masalah cuci tangan itu adalah sepele agar budaya bersih itu ada,” imbuhnya.

Dijelaskannya, selalu menjaga kebersihan dari hal yang kecil ini sangat penting, bisa membawa dampak bagi diri dan keluarga dan bagi lingkungannya.

“Cuci tangan kalau kita lihat memang sepele, orang bisa cuci tangan, tapi cuci tangan yang benar belum tentu orang tau,”ujarnya.

Apalagi, tambahnya cuci tangan pake sabun, semua orang tau, tapi langkah-langkah cuci tangan yang sehat belum tentu orang tau.

Makanya, lanjut Sitti Rabiah sengaja pesertanya berasal dari anak-anak TK dan SD dari kelas satu sampai kelas tiga, karena mereka masih rawan terkena bakteri akibat seringnya bersentuhan langsung dengan tanah.

“Dengan adanya pelajaran cuci tangan yang sehat ini muda-mudahan anak-anak menjadikannya sesuatu yang tidak terlupakan,”pungkasnya. (k5/nur)

To Top