Suksesi

Demokrat Butur Gelar Seminar Sehari

Tampak Bupati Butur Abu Hasan, ketua DPC Partai Demokrat Butur Abdul Salam Sahadia dan Sekretarisnya, Mazlin, memberikan materi kepada peserta seminar sehari

Tampak Bupati Butur Abu Hasan, ketua DPC Partai Demokrat Butur Abdul Salam Sahadia dan Sekretarisnya, Mazlin, memberikan materi kepada peserta seminar sehari

BURANGA, BKK- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Buton Utara (Butur) merupakan salah satu partai yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga stabilitas pemerintahan saat ini dengan baik. Hal ini untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur seperti apa yang di cita-citakan bersama.

Berangkat dari hal itu, partai yang berlambang Mercy ini menggelar seminar sehari dengan tema” Kedudukan Partai Politik dan Peran Legislatif Dalam Pemerintahan Daerah” yang berlangsung di Hotel Muliah Butur,  Minggu (16/10).

Hadir sebagai pembicara, Bupati Butur Abu Hasan. Dalam penjelasannya di hadapan puluhan Kader Partai Demokrat tersebut, ia menerangkan secara umum terkait tugas dari partai itu sendiri.

Abu Hasan menuturkan, yang dikerjakan partai politik (Parpol) harus ada kader politik yang direkrut. Sebab, peran parpol yang pertama ialah peran kaderisasi, harus ada kader yang di persiapkan, antara lain di rekrut melalui pendidikan politik atau direkrut melalui bidang politik.

“Kader itu diumpamakan adalah bingkai walupun diombang-ambing kondisi apapun, tetap kader,” kata Abu Hasan.

Diungkapnnya, setiap pemimpin pasti kader, walaupun tidak semua kader pemimpin. Siapa yang terbaik itu yang unggul, yang harus dilakukan ialah memperbaiki diri menjadi pribadi yang hebat, sehingga dapat dipromosikan di masyarakat.

“Jadi kaderisasi melalui pendidikan politik, makin sering kita mengikuti kaderisasi dengan jumlah yang besar makin banyak kader-kader kita di lapangan yang tidak mudah terombang ambing, tidak mudah di pengaruhi karena sudah melalui proses kaderisasi yang mapan,” pungkasnya.

Kemudian peran berikutnya yaitu fungsi partisipasi. Parpol sendiri, merupakan salah satu badan untuk tempat berpartisipasi dalam pemerintahan dan berpartisipasi dalam kehidupan kemasyarakatan. Tentunya, partisipasi politik ada mekanismenya boleh secara langsung disampaikan dari pemerintah kelegislatif melalui perwakilan fraksi di DPR.

Terus memperkuat jati diri sebagai kader, ini juga sambung dia  harus selalu memahami visi partai. Dalam artian, mau dibawa kemana ini lembaga, sehingga kader dan tentunya parpol punya kekuatan.

“Saya berharap bahwa politik ini terus dikembangkan, mungkin hari ini rekrutmen masih terbatas, tapi untuk ke depan rekrutmenya lebih luas lagi,”harapnya.

Sementara itu, ketua DPC Partai Demokrat Butur Abdul Salam Sahadia mengatakan, papol salah satu fungsinya sebagai komunikasi politik, fungsi rekrutmen untuk mencapai tujuan kekuasaan.

Dengan demikian, ujar Salam yang juga menjabat wakil ketua DPRD Butur ini  partai Demokrat berupaya semaksimal mungkin untuk mencoba melakukan rekrutmen agar calon kader bisa masuk ke tubuh partai.

“Bukan  rayuan kosong, tapi ada rayuan yang punya tujuan dan konsep, bagaimana kita mensejahterakan rakyat dan mengawal pemerintahan ini,” tegasnya.

Ke depan, dirinya yakin  Partai Demokrat berpeluang besar pada periode-periode selanjutnya untuk membesarkan dirinya terus, memperbaiki diri. Untuk itu, proses rekrutmen yang dimaksud ialah bagaimana partai ini bisa memiliki kader-kader yang mempunyai integritas cerdas.
“Maka Partai Demokrat dan seluruh simpatisan, serta masyarakat terus memberikan dukungan terhadap pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Gerbong partai Demokrat tentu akan selalu menjaga stabilitas pemerintahan ini dengan baik,” tambahnya.(k5/nur)

To Top