Lingkar Sultra

Ciptakan Generasi Pemimpin, Pemkab Kolut Bangun Kawasan Perkemahan Pramuka

(Mansiral Usman/BKK) Rusda Mahmud saat memimpin rapat pelaksanaan perkemahan bakti eksekutif tahun 2016 di Pantai Berova.

(Mansiral Usman/BKK)
Rusda Mahmud saat memimpin rapat pelaksanaan perkemahan bakti eksekutif tahun 2016 di Pantai Berova.

LASUSUA, BKK – Untuk menciptakan generasi pemimpin yang tangguh, berkarakter, cerdas, bermoral, beretika, dan mandiri sejak usia dini Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membangun kawasan bumi perkemahan pramuka pantai Berova di Desa Petulua, Kecamatan Lasusua.

Selain dijadikan kawasan perkemahan, pantai wisata Berova yang dibangun kolam renang, berbagai fasilitas olah raga, sarana ibadah, restoran, dan penginapan.

Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud mengungkapkan gerakan kepanduan atau gerakan pramauka merupakan gerakan pembinaan pemuda yang memiliki pengaruh mendunia yang terdiri dari gerakan kepanduan dari berbagai organisasi kepemudaan, baik untuk pria maupun wanita.

“Kawasan ini akan menjadai kawasan multifungsi. Kawasan yang suatu saat nanti akan dapat melahirkan pemimpin daerah maupun dunia yang memiliki karakter kuat” kata Rusda Mahmud yang ditemui usai memimpin rapat pelaksanaan perkemahan bakti eksekutif Pemda Kolut, beberapa waktu lalu.

Menurut Rusda, kawasan ini akan dijadikan kawasan untuk melatih fisik, mental dan spiritual generasi muda yang mendorong untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat.

“Pramuka ini merupakan latihan dan pendidikan nonformal yang mengutamakan aktivitas praktis, untuk lebih mengasah mental dan pengetahuan, namun tidak melupakan alam sekitar,” ujar Rusda.

Diakhir masa jabatannya, Rusda ingin menciptakan kesan dan pesan moral yang mendalam bagi setiap generasi muda dan para Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang bahu-membahu mewujudkan dan menyukseskan setiap program yang dicanangkan Pemda.

“Perkemahan bakti eksekutif tahun 2016 ini, bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar ASN di masa akhir jabatan saya sebagai bupati,” ujarnya.

Rusda menambahkan, kawasan bumi perkemahan gerakan pramuka akan harus dipatenkan sehingga bukan hanya kegiatan yang berorientasi pada tingkat daerah dan nasional, namun bisa kegitan yang berorientasi pada tingkat gerakan pramuka tingkat dunia.

“Selain agenda perkemahan eksekutif yang akan melibatkan instansi Pemda dan instansi vertikal. Kawasan Bumi Perkemahan gerakan pramuka Berova akan dijadikan tuan rumah dalam agenda perkemahan Raimuna tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada November mendatang,” imbuh Rusda.

Rusda mengharapkan generasi yang di bentuk dari gerakan pramuka harus memiliki jiwa muda yang gemar berkarya dengan semangat yang pantang menyerah, optimis, bercita-cita tinggi, dan memiliki wawasn yang mendunia. (k2)

To Top