Aktualita

Wakil Bupati Pimpin PMI Butur

BURANGA, BKK- Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Ramadio ditetapkan sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Buton Utara (Butur). Keputusan itu, diperoleh dari Musyawarah Daerah (Musda) I Butur yang dilaksanakan selama dua hari, yang berakhir Rabu (12/10), di salah satu hotel.
Pada hari terakhir Musda I ini, Ketua PMI Sultra, Rusyawati A Yusran Silondae langsung melantik Ramadio berserta seluruh pengurus PMI Butur periode 2016-2021. Setelah dilantik, Ramadio mengungkapkan mengajak para relawan tetap bekerja dengan mengedepankan semangat menolong.
“Saya berharap keberadaan PMI Butur benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita,” katanya.
Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutannya menjelaskan, PMI akan menambah kekuatan civil society yang bergerak di bidang kemanusiaan, sekaligus membantu pemerintah dalam bidang sosial kemasyarakatan.
“PMI merupakan  mitra dari Pemda, bekerjasama dalam bantuan kemanusiaan. Artinya bermitra itu kan saling mengutungkan, saling menghidupi dan saling melindungi. Itu namanya bermitra. Kita berharap PMI Butur menambah kekuatan organisasi kemasyarakatan sosial di Butur.” ujarnya.
Ketua PMI Sultra, Rusiawati Yusran A Silondae menjelaskan, seluruh relawan PMI harus memahami empat tugas pokoknya, yaitu kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pertolongan pertama, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan transfusi darah.
Dia juga mengingatkan agar PMI Butur selalu berkoordinasi BPKD, dinas sosial dan SAR serta selalu tepat waktu ketika tenaganya dibutuhkan. Apalagi, Butur merupakan kabupaten yang memiliki pesisir pantai yang cukup panjang.
“Jadi harus selalu siap siaga,” tekannya.
Acara pelantikan yang berlangsung cukup sederhana ini, ikut dihadiri sejumlah anggota DPRD setempat yakni Muliadin Salenda, Harwis Hari dan Rahman dan beberapa tokoh masyarakat. (k5/aha)

To Top