Langgar Aturan, Organda Minta Operasi Taxi Anaugi dan Bosowa Ditunda – Berita Kota Kendari
Beranda

Langgar Aturan, Organda Minta Operasi Taxi Anaugi dan Bosowa Ditunda

KENDARI, BKK – Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Kendari Rahmad Buyung mengungkapkan, izin prinsip angkutan yang telah dikeluarkan Wali Kota Kendari Asrun terhadap perusahaan Taxi Anaugi dan Taxi Bosowa menyalahi aturan. Dengan demikian, operasi jasa angkutan umum tersebut mesti ditunda dulu.

“Pengoperasian Taxi Anaugi dan Bosowa itu bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu Undang Undang nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan, sebagaimana diatur dalam pasal 156 dan pasal 197 ayat 1 huruf b,” jelas Rahmad, Rabu (12/10).

Dijelaskannya, untuk menerbitkan izin operasi taxi, terlebih dahulu harus dilakukan evaluasi kebutuhan penambahan kendaraan yang akan ditetapkan pemerintah setempat. Dalam hal ini Wali Kota Kendari Asrun.

“Berdasarkan pasal 10 KM 35 tahun 2003 tentang penyelenggaraan angkutan orang di jalan dengan kendaraan umum, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari harus melakukan evaluasi kebutuhan penambahan kendaraan taxi untuk menentukan jumlah kendaraan pada wilayah operasi yang terbuka atau tertutup untuk penambahan kendaraan taxi,” ungkapnya.

Hasil evaluasi itu pun, sambungnya, setelah ditetapkan wali kota maka harus diumumkan kepada masyarakat melalui media massa, sebagai mana yang diatur dalam pasal 12 Keputusan Menteri (KM) nomor 35.

“Sejauh ini, khusus di Kota Kendari belum ada penetapan jumlah kendaraan yang beroperasi,” katanya.

Ia berharap, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari harus mampu menjaga masyarakat yang menjadi pelaku usaha angkutan di wilayah pemerintahannya itu. Hal ini sebagai cara menunjukan konsistensi sikap dalam menjalankan ketentuan perundang-undangan agar kredibiltas, kemudian profesionalisme dan moralitasnya tidak dipertanyakan. (m3/nur)

To Top