Parpol Pengusung di Pilkada Buteng Deklarasi Damai – Berita Kota Kendari
Beranda

Parpol Pengusung di Pilkada Buteng Deklarasi Damai

Deklarasi damai Parpol pengusung di Pilkada Buteng. Foto: Adnan

Deklarasi damai Parpol pengusung di Pilkada Buteng. Foto: Adnan

BAUBAU, BKK – Partai Politik (Parpol) pengusung baka pasangan calon (Bapaslon) di Pilkada Kabupaten Buton Tengah (Buteng), sepakat tetap berdamai di seluruh tahapan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Deklarasi itu diinisiasi Polres Baubau dan digelar di Gedung Kemitraan Mako Polres Baubau, Selasa (11/10).

Hadir dalam deklarasi, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Baubau AKBP Suryo Aji, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1413 Buton Letnan Kolonel (Letkol) Rudi Radil, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buteng Aminuddin, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Buteng Helius Udaya, Sekda Buteng La Ode Hasimin dan seluruh ketua parpol pengusung dan pendukung bapaslon.

Total ada enam poin kesepakatan yang dibacakan Ketua Panwaslu Kabupaten Buteng Helius Udaya yang terdiri akan menjaga persatuan kesatuan dan keutuhan NKRI, kemudian turut menjaga keamanan dan ketertiban serta mentaati peraturan yang berlaku, menciptakan demokrasi yang berkualitas dan bermartabat, tidak mengangkat isu suku agama, ras atau sara dalam proses pilkada 2017, saling menghormati dan menghargai satu sama lain, serta mensukseskan pilkada serentak 2017 dengan aman dan damai.

Setelah membacakan deklarasi, seluruh ketua parpol masing-masing membubuhkan tanda tangannya, turut bertanda tangan Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, Ketua KPU Buteng, dan Ketua Panwaslu Buteng serta Sekda Buteng.

Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji saat diwawancarai berharap deklarasi damai yang telah diteken dan disetujui bersama itu dapat dilakukan dan diaplikasikan dalam pelaksanaan Pilkada nantinya. Dia juga berharap pesta demokrasi pertama di Kabupaten Buteng dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai.

“Sesuai dengan harapan kita bersama, tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran hukum, dan tidak ada lagi intimidasi sepeti di tetangga kita di Muna. Mudah-mudahan tidak terjadi PSU di Buton Tengah,” tuturnya.

Dia juga menyebut, belum ada laporan adanya situasi yang mengganggu keamanan dan ketertiban di Buteng. Dia juga telah mengimbau jajarannya untuk menggelar razia cipta kondisi di wilayahnya masing-masing.

Di tempat yang sama, Dandim 1413 Buton Letkol Rudi Ragil meminta seluruh komponen masyarakat di Buteng untuk tetap menciptakan keamanan dan ketertraman di lingkungannya masing-masing. Dia mengimbau masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan berbagai isu yang dapat merusak pesta demokrasi di Buteng.

“Kalau ada yang tidak puas, mari kita proses dan ajukan sesuai aturan yang berlaku, apalagi sampai melakukan tindakan anarkis yang melanggar hukum. Saya minta jangan merusak instansi pemerintah, itu yang saya garis bawahi,” tegasnya. (k2/nur)

To Top