PU Segera Bangun Jembatan Bailey di Baula – Berita Kota Kendari
Aktualita

PU Segera Bangun Jembatan Bailey di Baula

KOLAKA, BKK – Pasca amblesnya jembatan Baula akibat ?dihantam banjir bandang, Pemda Kolaka langsung bertindak dengan melaporkan pada Satuan Kerja (Satker), untuk segera membuat jembatan bailey.

“Karena jalan itu merupakan jalan nasional, saya sudah melaporkan pada satker dan berjanji secepatnya membangun jembatan bailey di sana,” kata Kadis Pekerjaan Umum Kolaka H A Abbas Nuhung, ?Senin (10/10) di Kantor Bappeda Kolaka.
Menurut ?Abbas, meski jembatan itu masuk kewenangan pusat, bukan berarti Pemda Kolaka tinggal diam, sebab itu menyangkut hajat masyarakat banyak. Apalagi jalan itu merupakan satu-satunya akses yang bisa dilewati warga kecamatan Baula menuju kota Kolaka.
Dengan putusnya jembatan ini, berarti warga Baula harus melewati jalur by pass yang jaraknya cukup jauh. Begitu juga sebaliknya.
Abbas menjelaskan jembatan bailey yang merupakan jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi, yang mudah dipindah-pindah atau movable yang sangat strategis dalam menunjang akses di pelosok daerah yang sulit dijangkau, juga sangat cepat pemasangannya untuk membantu daerah-daerah rawan bencana alam.
“Makanya jembatan bailey sangat dibutuhkan untuk dibuat di Baula setelah jembatan permanennya ambruk dihantam banjir. Inilah kemudian saya minta kepada satker karena bisa dibongkar pasang dan sifatnya sementara,” ungkapnya.
Ditambahkannya, rubuhnya jembatan di Baula serta di kecamatan Tanggetada semua disebabkan perambahan hutan, sehingga ketika terjadi hujan deras, airnya tidak bisa lagi dibendung yang menyebabkan terjadinya banjir bandang. (cr3/lex)

To Top