Panwaslu Buteng Laporkan 11 PNS Diduga Terlibat Politik – Berita Kota Kendari
Suksesi

Panwaslu Buteng Laporkan 11 PNS Diduga Terlibat Politik

BAUBAU, BKK – Dalam pelaksanaan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton Tengah (Buteng), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat sudah melaporkan adanya dugaan keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam politik praktis.

Ketua Panwaslu Buteng Helius Udaya ketika ditemui di Mako Polres Baubau, Senin (10/10), menjelaskan, ia mendapatkan laporan adanya 11 orang PNS yang ikut terlibat dalam acara deklarasi Partai Amanat Nasional (PAN) beberapa waktu lalu di Kelurahan Lakorua, Kecamatan Mawasangka, Buteng.

Temuan itu, menurutnya, langsung ditindaklanjuti dan sudah merekomendasikan 11 orang PNS itu untuk dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sampai sekarang belum ada jawaban dari KASN, dalam waktu dekat saya akan ke Jakarta untuk memastikan kembali laporan kami itu,” tuturnya.

Disebutkannya, 11 PNS lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Buteng itu diantaranya, Asisten I La Saripi, kemudian Asisten III Arsadik Patola, Kabag Hukum Akhmad Sabir, Kepala BKD Herman, Kabag Kesra Idris, termasuk Mansur Amila yang saat itu masih menjabat sebagai Pejabat (Pj) Bupati Buteng.

Dijelaskannya, dalam Undang Undang Aparatur Sipil Negera (ASN) PNS diwajibkan bersikap netral dan tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik maupun partai politik.

Selain dugaan pelanggaran 11 PNS itu, Panwaslu Buteng hingga kini belum mendapatkan lagi adanya potensi dugaan pelanggaran pilkada yang saat ini dalam tahapan pencalonan. (k2/nur)

To Top