Aktualita

Panwaslu Bombana Latih Panwascam

RUMBIA, BKK-  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bombana menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) tentang penanganan pelanggaran pemilihan bupati dan wakil bupati Bombana tahun 2017 di salah satu hotel di Rumbia, Minggu (10/10).
    Acara Bintek ini diikuti seluruh anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) yang tersebar di 22 kecamatan yang tersebar di daerah itu. Ketua Panwaslu Bombana, Darma mengatakan, pelaksanaan Bintek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Panwascam se Bombana tentang tatacara penanganan pelanggaran yang nantinya akan terjadi.
    “Jadi ada 22 kecamatan di Bombana secara tidak langsung jumlah Panwascam di Bombana itu 66 orang. Jumlah inilah yang mengikuti Bintek,” tutur Darma yang dikonfirmasi pada acara tersebut.
    Dia menjelaskan, dalam bintek ini Panwaslu Bombana akan membuat simulasi penanganan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon bupati, sehingga jika terjadi pelanggaran, Panwascam tidak akan kesulitan dalam menangani masalah. “Melalui simulasi ini kami bisa menilai peningkatan ilmu dari teman-teman Panwascam. Jika ada kekeliruan kami yang akan luruskan,” ungkap, Darma.
    Tujuannya, tambah Darma adalah untuk menimalisir terjadinya kekeliruan pengisian formulir yang dilakukan oleh pihak panwascam dan sekretariatnya. “Dalam waktu dekat ini, tahapan kampanye akan diselenggarakan setiap Paslon Bupati. Jadi kami mengira-ngira dalam tahapan itulah akan banyak terjadi pelanggaran. Sebelum terjadi pelanggaran, defisi pencegahan terlebih dahulu memberikan tindakan pencegahan sebelum terjadi pelanggaran,” ujar Darma. (cr2/aha)

To Top