Headline

Gempa Bumi Tak Timbulkan Kerusakan

BAUBAU, BKK – Warga Kota Baubau dikagetkan dengan guncangan akibat gempa bumi, Minggu dini hari (09/10) sekitar pukul 02.15 WITA. Gempa yang diketahui berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) sempat menggoyang Kota Baubau selama beberapa detik. Kerasnya gempa juga sempat membuat warga panik.
    Salah seorang warga Baubau, Petty mengaku merasakan getaran hingga membuatnya terbangun dari tidur. Ia bahkan mengira itu hanya mimpi, namun saat mengecek akun media sosial, beberapa pengguna akun juga menuliskan merasakan adanya gempa.
    “Keras juga saya rasa, saya kira apa, padahal pas cek BBM (Blackbarry Messanger) banyak teman-teman yang tulis status gempa itu,” tuturnya.
    Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Baubau, Natsir ketika dihubungi via telpon selulernya membenarkan adanya gempa. Dari data yang ia kirimkan melalui pesan Whatsapp, gempa itu kata dia berada di 77 kilometer arah tenggara Kabupaten Wakatobi, dengan kedalaman 44 kilometer.
    “Iya. Pusatnya di dekat Pulau Binongko,” katanya.
    Namun menurutnya, gempa dengan kekuatan seperti itu tidak berpotensi memicu tsunami. Penyebab gempa, kata dia, karena adanya pergeseran lempeng di dalam laut. Hingga pagi hari sekitar pukul 09.00 WITA, tidak ada gempa susulan yang terjadi.
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali yang dikonfirmasi juga membebarkan adanya getaran yang diakibatkan oleh gempa bumi. Dia juga menyebut, hingga beberapa jam setelah terjadinya gempa, tak ada laporan terjadinya kerusakan akibat gempa.
    “Belum ada laporan ke kita (adanya kerusakan),” singkatnya.
    Sementara Bagian Humas Pemkab Wakatobi, Guntur mengakui kondisi masyarakat di Wakatobi pasca terjadinya gempa diketahui baik-baik saja. Belum ada laporan mengenai kerusakan.
    “Justru di Baubau ini yang heboh. Kalau di Wakatobi, saya belum dapat informasi ada yang korban atau rusak,” kata Guntur yang saat dihubungi lewat ponselnya tadi malam, tengah berada di Kota Baubau. (k2/b/aha)

To Top