Berjalan Pelan tapi Pasti – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Berjalan Pelan tapi Pasti

KENDARI, BKK- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan kasus dugaan korupsi di proyek pengadaan pompa air PDAM Baubau masih tetap dalam proses penyelidikan. Namun diakui penyelidikan kasus ini berjalan lambat karena Kejati punya prioritas untuk dituntaskan terlebih dahulu.
    Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH, dikonfirmasi melalui selulernya, Minggu (9/10) menjelaskan, sejauh ini terkait dugaan korupsi pengadaan pompa air PDAM Baubau telah sampai pada pengumpulan bukti-bukti. “Kita sudah selesai meminta keterangan ahli dan kini dalam tahapan perampungan bukti untuk membuktikan adanya penyimpangan melawan hukum atas dugaan korupsi pengadaan pompa air PDAM Baubau,” katanya.
    Namun untuk melanjutkannya, Janes mengakui harus menunggu tuntasnya kasus PT PLM. Dia menjelaskan, pada kasus PT PLM, sudah ada beberapa oknum yang ditahan. Sedangkan pada kasus PDAM Baubau masih pada proses lidik. Dari pertimbangan ini, maka mau tidak mau ada kasus yang menjadi proritas.
    “Kalau kita tidak dahulukan kasus PT PLM maka yang sudah kami tahan bisa lepas dengan sendirinya, karena masa tahanan jaksa ada batas waktunya. Apalagi saat ini kita tengah melakukan pemeriksaan saksi ulang dengan jumlah yang cukup banyak,” bebernya.
    James juga menegaskan, untuk kasus PDAM Baubau sebelumnya pihak Kejati telah mendapatkan keterangan bahwa pengadaan pengerjaan proyek tersebut dianggarkan pada tahun 2010, tetapi pengadaannya baru bisa rampung di tahun 2015.
    “Pada tahun 2010 lalu, pengadaan pipa untuk penyaluran air bersih telah dianggarakan melalui dana APBD Baubau sebasar Rp 5 miliar, tetapi realisasinya nanti di tahun 2015 dengan menggunakan dana APBD tahun anggaran 2015. Hal inilah yang akan kami buktikan, apakah termaksud perbuatan melawan hukum atau tidak,” jelasnya.
    Untuk diketahui, dalam rangka pembuktian dugaan kasus korupsi pengadaan pompa air PDAM Kota Baubau, pihak Kejati telah membentuk tim peninjau lapangan dan telah melakukan pemeriksaan ahli dan saksi-saksi terkait. (m2/aha)

To Top