Polda Sultra Siap Kawal Pilkada Serentak 2017 – Berita Kota Kendari
Suksesi

Polda Sultra Siap Kawal Pilkada Serentak 2017

Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso Saat Menandatangani Nota Kesepakatan Deklarasi Damai. (foto: Rudy/BKK)

Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso Saat Menandatangani Nota Kesepakatan Deklarasi Damai. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar deklarasi damai partai politik (Parpol) pengusung pasangan calon (Paslon), pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 di Hotel Grand Clarion Kendari, Kamis (6/10).

Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso mengungkapkan, dengan adanya deklarasi ini, pilkada serentak 2017 diharapkan bisa berjalan lancar dan lebih baik dari 2015 lalu. Dalam hal ini, parpol maupun masyarakat diharapkan harus bisa mengawal paslon yang didukungnya dengan damai.

“Semoga saja kasus PSU di Muna tidak terulang kembali di Pilkada 2017 mendatang. Pilkada Muna membuat kita introspeksi diri. Kapolres muna itu harus dicopot gara-gara di Pilkada Muna, walaupun belum tentu terbukti,” kata Agung dalam sambutannya.

Ia menambahkan, tanpa dukungan masyarakat, pihaknya tidak akan dapat berbuat banyak dalam mengawal proses pilkada serentak nanti. Pihaknya juga akan berusaha mensiasati para pelaku kejahatan yang dapat menimbulkan ketidaknetralan proses pesta demokrasi tersebut.

“Ketua parpol dalam pilkada 2017 terus menjaga komitmen, sehingga kita bisa menjadi contoh. Pilihan boleh beda tapi kita tetap harus bersatu, kita dari kepolisian tetap akan terus mengawal proses demokrasi ini sampai tuntas,” tambah Agung.

Dalam proses pilkada nanti, lanjutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan TNI untuk terus mengawal Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam melaksanakan pilkada serentak yang diharapkan bisa berjalan lancar, aman dan tertib.

“Kita dari Kepolisian akan mengawal KPU dan Bawaslu bahkan akan mengerahkan personil dengan cara berkantor di KPU dan Bawaslu dalam mengawal pilkada serentak di 2017 mendatang,” ujarnya.

Pantauan jurnalis Berita Kota Kendari (BKK) deklarasi damai ini, selain dihadiri Kapolda Sultra dan jajarannya juga dihadiri Ketua Bawaslu Sultra Amiruddin Udu, Ketua KPU Sultra Hidayatullah, Komandan TNI AU Rizal dan Komandan TNI AL Haris Harijadi, serta 12 pimpinan parpol pengusung dengan menandatangani nota kesepakatan deklarasi damai. (p5/nur)

To Top