Panwas Kolut Panggil 12 ASN yang Terindikasi Terlibat Politik Praktis – Berita Kota Kendari
Suksesi

Panwas Kolut Panggil 12 ASN yang Terindikasi Terlibat Politik Praktis

LASUSUA, BKK – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), mulai unjuk gigi dalam melaksanakan tugas mengawal jalannya proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang.

Sejauh ini, Panwaslu Kolut telah memanggil 12 Aparatus Sipil Negara (ASN) atau PNS lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut untuk dimintai klarifikasi terkait dugaan keterlibatan mereka dalam politik praktis.

“ASN yang kita panggil itu ada 12 orang. Pemanggilan ini berdasarkan laporan masyarakat dan temuan panwaslu di lapangan,” ungkap Ketua Panwaslu Kolut Ajmal Arif di ruang kerjanya, Rabu (5/10).

Menurut Ajmal sapaan akrabnya, ke 12 ASN dimaksud telah dimintai klarifikasi terkait dugaan keterlibatan mereka dalam politik praktis dengan menghadiri deklarasi dan kampanye salah satu Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kolut yang akan bertarung dalam Pilkada 2017 mendatang.

“Setelah melakukan klarifkiasi kami kaji kembali lalu hasilnya akan kami kirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Menpan, nanti KASN yang akan meninjak lanjuti, apakah masuk dalam kategori pelanggaran ringan dan sebagainya,” jelasnya.

Namun, lanjut Ajmal, dari hasil kajian pihaknya terhadap ke 12 ASN yang dipanggil tersebut tidak seluruhnya diteruskan ke KASN dan Menpan.

“Berdasarkan hasil kajian kami, ada beberapa yang kita teruskan dan ada juga yang tidak diteruskan. Inilah sebenarnya gunanya klarifikasi dan nanti terakhir ini ada pengumuman,” terangnya.

Ajmal menegaskan, Panwaslu Kolut berupaya tetap netral dalam melaksanakan tugas mengawal jalannya proses pilkada. Siapapun ASN yang dilaporkan ataupun ditemukan di lapangan melakukan politik praktis maka kewajiban panwas untuk menindak lanjuti. (k6/nur)

To Top